Mubarok, Wildan Nur (2025) PERAN PROGRAM ADIWIYATA PADA PEMBENTUKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN SISWA DI SMPN 1 WAJAK. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010031-WILDAN NUR MUBAROK-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010031-WILDAN NUR MUBAROK-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010031-WILDAN NUR MUBAROK-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010031-WILDAN NUR MUBAROK-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (780kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-201864010031-WILDAN NUR MUBAROK-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-201864010031-WILDAN NUR MUBAROK-BAB 5.pdf
Download (336kB)
Abstract
Karakter yang baik tidak muncul secara tiba-tiba melainkan melalui proses
pendidikan. Oleh sebab itu, pendidikan karakter melalui pendidikan di sekolah
maupun di rumah sangat dibutuhkan. Sebenarnya inti dari penghargaan adiwiyata
bukan terletak pada nilai dan harga semata, tetapi pada pengakuan yang tersirat atas
dedikasi membangun generasi Indonesia dalam mengelola mutu lingkungan hidup
melalui proses pembelajaran, pembiasaan, serta pembentukan karakter secara
berkelanjutan.
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui konsep program adiwiyata
dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan di SMPN 1 Wajak, (2)
mengetahui pelaksanaan program adiwiyata dalam menumbuhkan karakter peduli
lingkungan di SMPN 1 Wajak, (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat
pelaksanaan program Adiwiyata dalam menumbuhkan karakter peduli lingkungan
di SMPN 1 Wajak.
Untuk mencapai tujuan diatas, data dikumpulkan dengan menggunakan
metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul berupa kata
kata yang dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Untuk pengecekan keabsahan data, penulis menggunakan teknik
triangulasi, dan diskusi teman sejawat.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa, (1) program adiwiyata
dilaksanakan di SMPN 1 Wajak dengan konsep kegiatan dan kebijakan yang
berpedoman pada prinsip edukasi, partisipatif dan berkelanjutan. (2) pelaksanaan
program adiwiyata di SMPN 1 Wajak sesuai dengan 4 standar penilaian, yaitu
menerapkan kebijakan yang berwawasan lingkungan, melaksanakan kurikulum
berbasis lingkungan hidup dengan mengintegrasikan pendidikan lingkungan
dengan pelajaran dan pembelajaran, mengadakan berbagai kegiatan aksi
lingkungan berbasis partisipatif yang di laksanakan oleh sekolah maupun pihak
luar, dan mengelola sarana pendukung yang ramah lingkungan dengan
memanfaatkan sarana yang telah disediakan (green house, taman kelas, kebun buah,
kolam, hutan madrasah, kantin, dll). (3) faktor pendukung pelaksanaan program
adiwiyata adalah dukungan kerjasama Sumber Daya Manusia (SDM), komitmen
yang tinggi, inovasi yang prospektif dan berkelanjutan. Adapun faktor penghambat
pelaksanaan program Adiwiyata adalah dukungan warga madrasah yang belum
optimal dan dukungan biaya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Adiwiyata, Pendidikan Karakter, Karakter Peduli Lingkungan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:15 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:15 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1007 |