Aripin, Bella Ria Anggara Yonni (2025) PENGARUH ETIKA PEMASARAN ISLAM TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG DI BANK MUAMALAT INDONESIA Tbk KCP KEPANJEN KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PERBANKAN SYARIAH-2018612060003-BELLA RIA ANGGARA YONNI ARIPIN-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PERBANKAN SYARIAH-2018612060003-BELLA RIA ANGGARA YONNI ARIPIN-BAB 1.pdf
Download (937kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PERBANKAN SYARIAH-2018612060003-BELLA RIA ANGGARA YONNI ARIPIN-BAB 3.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PERBANKAN SYARIAH-2018612060003-BELLA RIA ANGGARA YONNI ARIPIN-BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PERBANKAN SYARIAH-2018612060003-BELLA RIA ANGGARA YONNI ARIPIN-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PERBANKAN SYARIAH-2018612060003-BELLA RIA ANGGARA YONNI ARIPIN-BAB 5.pdf
Download (363kB)
Abstract
Etika merupakan wujud dari sikap seseorang dalam bertingkah laku yang
akan menimbulkan penilaian sikap dari orang lain, sedangkan pemasaran bank
syariah merupakan salah satu aktivitas yang memiliki pengaruh besar terhadap
kelangsungan bank sebab dengan adanya pemasaran, bank akan memperoleh
nasabah yang sesuai dengan harapan dan tujuan yang ingin dicapai oleh
perusahaan. Oleh karena itu etika pemasaran islam menjadi faktor penting dalam
aktivitas pemasaran yang dapat berpengaruh terhadap timbulnya penilaian
masyarakat terhadap bank syariah, karena saat ini mulai melemahnya pula sikap
kejujuran, rasa tanggung jawab, serta kepedulian sosialnya dalam perekonomian
ataupun pekerjaannya. Tentang keterkaitan antara variabel etika pemasaran islam
dengan variabel keputusan menabung masyarakat, alasannya adalah untuk
mengetahui bagaimana etika pemasaran islam yang diterapkan menjadi sebuah
faktor pendukung adanya pengambilan keputusan masyarakat untuk menabung di
bank syariah.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan metode
pendekatan kuantitatif, penentuan sampel menggunakan tabel yount (1999)
dengan persentase 5% dari total seluruh populasi penelitain dan didapatkan
jumlah responden sebanyak 63 responden. Pengumpulan data dengan
menyebarkan kuesioener dan observasi serta menggunakan analisis data regresi
linear sederhana.
Hasil dari penelitian menunjukkan variabel etika pemasaran islam memiliki
pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan menabung di
Bank Muamalat Indonesia KCP Kepanjen. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil
pengujian secara parsial dan pengujian secara simultanbahwa etika pemasaran
islam menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi terhadap adanaya keputusan
menabung di Bank Muamalat Indonesia yang pada kenyataannya dapat dibuktikan
didalam hasil uji korelasi dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika Pemasaran Islam, Keputusan Menabung |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 02:18 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 02:18 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1011 |