PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN BACA TULIS ALQURAN (BTQ) DI MI INSAN KAMIL TUMPANG

Waqfi, Ainil (2025) PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS MELALUI KEGIATAN PEMBIASAAN BACA TULIS ALQURAN (BTQ) DI MI INSAN KAMIL TUMPANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600043-AINIL WAQFI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600043-AINIL WAQFI-BAB 1.pdf

Download (531kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600043-AINIL WAQFI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600043-AINIL WAQFI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600043-AINIL WAQFI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600043-AINIL WAQFI-BAB 5.pdf

Download (257kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi pandemi COVID-19 yang belum
berakhir. Hal penting yang perlu dicermati adalah pembelajaran yang berkaitan
dengan karakter religius siswa, dimana sejak mewabahnya pandemi Covid-19,
pembiasaan-pembiasan siswa di sekolah yang berhubungan dengan penguatan
karakter religius semakin hari semakin memudar. Demikian juga dalam hal
keagamaan yang biasanya ada guru yang secara langsung memberikan contoh,
membimbing dan mengingatkan siswa, dengan adanya pandemi Covid-19 sangat
berpengaruh terhadap karakter religius siswa antara lain, kurangnya karakter
disiplin, tertib,sabar dan istiqomah.
Ada 3 rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : Nilai- nilai karakter
religius apa yang hendak di tanamkan pada diri siswa MI Insan Kamil Tumpang?,
Apa bentuk-bentuk kegiatan pembiasaan yang di selenggarakan sebagai wahana
penguatan pendidikan karakter religius di MI Insan Kamil Tumpang? Bagaimana
pelaksanaan penguatan pendidikan karakter religius melalui kegiatan pembiasaan
BTQ di MI Insan Kamil Tumpang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dan
rancangan kasus tunggal. Pengumpulan data dilakukan untuk memperoleh informasi
tentang penguatan pendidikan karakter religus melalui kegiatan pembiasaan baca tulis al
Quran, dengan menggunakan observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi
dokumenter. Dalam hal ini peneliti akan menggunakan tiga teknik, yaitu teknik ketekunan
pengamatan, triangulasi dan kecukupan referensi. Sedangakan informan dalam penelitian
ini adalah kepala MI, pendidik, wali murid, siswa dan pihak lain yang berhubungan
dengan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Ada beberapa nilai karakter
religius yang ingin ditanamkan pada diri siswa siswi MI Insan kamil memalui
pembiasaan perilaku BTQ yaitu : karakter disiplin, tertib,sabar dan istiqomah.(2)
Bentuk-bentuk kegiatan pembiasaan Baca Tulis Al-Qur‘an yang di selenggarakan
sebagai wahana penguatan pendidikan karakter religius di MI Insan Kamil
Tumpang terbagi dalam 8 kelompok yaitu : Tahfidz al-qur‘an, hadist-hadist Nabi,
do‘a harian, BTQ Ummi, pembiasaan sholat dhuha, character building programe,
learning skill, fun learning activity, English and Arabic day dan digital skill. (3)
Pelaksanaan penguatan pendidikan karakter religius melalui kegiatan pembiasaan
BTQ di MI Insan Kamil Tumpang dilakukan Terjadwal, Terukur, disertai
punishment dan reward.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Karakter Religius dan Baca Tulis al-Qur‘an
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:31
Last Modified: 27 Feb 2025 03:31
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1017

Actions (login required)

View Item
View Item