PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI PADLET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI IPS TEMA 7 KELAS 5.1 MI IMAMI KEPANJEN

Nasution, Latif Zubaidah (2025) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING BERBASIS APLIKASI PADLET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI IPS TEMA 7 KELAS 5.1 MI IMAMI KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600035-LATIF ZUBAIDAH NASUTION-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600035-LATIF ZUBAIDAH NASUTION-BAB 1.pdf

Download (678kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600035-LATIF ZUBAIDAH NASUTION-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600035-LATIF ZUBAIDAH NASUTION-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600035-LATIF ZUBAIDAH NASUTION-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600035-LATIF ZUBAIDAH NASUTION-BAB 5.pdf

Download (205kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi kondisi pandemi COVID-19 yang belum
berakhir. Pertemuan tatap muka yang masih dibatasi dan berakibat penurunan
hasil belajar siswa. Sehingga guru dituntut untuk memilih model pembelajaran
yang dapat memacu semangat setiap siswa untuk aktif ikut terlibat dalam kegiatan
pembelajaran. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menggunakan
model pembelajaran Blended learning berbasis aplikasi Padlet pada siswa kelas
V.1 Madrasah Ibtidaiyah IMAMI Kepanjen pada materi IPS agar aktivitas dan
hasil belajar siswa meningkat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : Apakah penerapan Model
Blended Learning berbasis aplikasi Padlet dapat meningkatkan hasil belajar pada
materi IPS TEMA 7 Kelas 5.1 MI IMAMI Kepanjen. Sedangkan tujuanya untuk
mengetahui apakah penerapan Model Blended Learning berbasis aplikasi Padlet
dapat meningkatkan hasil belajar pada materi IPS TEMA 7 Kelas 5.1 MI IMAMI
Kepanjen Kabupaten Malang.
Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action
Research) model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian dilaksanakan pada
semester II tahun ajaran 2021 / 2022 dalam dua siklus setiap siklus ada dua
pertemuan. Subjek penelitian ini siswa kelas V.1 MI IMAMI Kepanjen yang
berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes,
observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPS
kelas V.1 MI IMAMI Kepanjen. Data prasiklus rata-rata keberhasilan hasil belajar
yang diperoleh oleh siswa 5.1 adalah 69 dan persentase ketuntasan hasil belajar
siswa mencapai 36% . Hasil ini belum memenuhi KKM yaitu 75. Pada siklus I,
siswa yang tuntas berjumlah 18 orang, siswa yang tidak tuntas ada 12 orang siswa
dengan memiliki nilai rata-rata sebesar 73,5 dan persentase ketuntasan klasikal
hasil belajar siswa 60%. Berarti ada kenaikan nilai rata-rata pra siklus ke siklus I
sebesar 4,5. Pada kegiatan siklus kedua nilai rata-rata kelas mengalami
peningkatan menjadi 81 dengan rincian 25 siswa sudah tuntas dan 5 anak masih
belum tuntas. Selama pelaksanaan siklus II, hasil belajar siswa menunjukkan
peningkatan secara signifikan dan telah mencapai target keberhasilan yaitu 83%.
Dengan demikian ada kenaikan rata-rata dari siklus I ke siklus II sebesar 7,5.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Aplikasi Padlet, Hasil Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:37
Last Modified: 27 Feb 2025 03:37
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1024

Actions (login required)

View Item
View Item