HUBUNGAN PEMANFAATAN LITERASI E-LIBRARY DENGAN MINAT BACA SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA WAJAK

Qonata, Mayla (2025) HUBUNGAN PEMANFAATAN LITERASI E-LIBRARY DENGAN MINAT BACA SISWA DI MI MIFTAHUL HUDA WAJAK. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600016-MAYLA QONATA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600016-MAYLA QONATA-BAB 1.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600016-MAYLA QONATA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600016-MAYLA QONATA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600016-MAYLA QONATA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600016-MAYLA QONATA-BAB 5.pdf

Download (988kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemanfaatan e-library yang ada di MI
Miftahul Huda Wajak. Keberadaan perpustakaan sangat penting karena
perpustakaan adalah jantung dari pendidikan yang menghidupkan sekolah, di mana
pendidikan itu dilangsungkan. Adanya inovasi dalam pengelolaan perpustakaan
berupa e-library menjadi tolak ukur sejauh mana keberhasilan perpustakaan dalam
menambah minat baca siswa, seseorang dengan minat baca yang tinggi secara
langsung memiliki pengetahuan yang lebih banyak dibandingkan dengan orang
yang tidak membaca.
Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: adakah hubungan yang
signifikan antara pemanfaatan e-library dengan minat baca siswa di MI Miftahul
Huda Wajak. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah terdapat
hubungan yang signifikan antara pemanfaatan e-library dengan minat baca siswa di
MI Miftahul Huda Wajak.
Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan skripsi ini menggunakan
metode kuantitatif korelasional. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
dilakukan dengan cara penyebaran angket, observasi, dan dokumentasi. Analisis
yang digunakan peneliti terlebih dulu melakukan pengujian instrumen hal ini untuk
memenuhi syarat sebagai alat pengumpul data yang valid dan reliabel, uji
normalitas, pengujian hipotesis asosiatif menggunakan teknik korelasi yang
digunakan adalah korelasi product moment, hasil angket tentang pengelolaan
perpustakaan sekolah dengan minat baca siswa. Teknik analisis data dengan
menggunakan korelasi product moment.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan e-library yang
dilakukan di MI Miftahul Huda Wajak memilki hubungan yang signifikan dengan
minat baca siswa. Hal ini dibuktikan dengan melakukan uji prasyarat analisis, yaitu uji normalitas, uji korelasi Pearson Product Moment, dan statistik uji t untuk
pengujian hipotesisnya. Hasil pengujian hipotesis pengelolaan perpustakaan
sekolah dan minat baca siswa yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa nilai Sig.
adalah 0,000. Dengan membandingkan nilai α (0,05) maka diperoleh 0,000 > 0,05

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan literasi e-library, minat baca siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:42
Last Modified: 27 Feb 2025 03:42
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1028

Actions (login required)

View Item
View Item