PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATERI MAHLUK HIDUP DI MI MANARUL HUDA SUKONYAR WAJAK

Qomariyah, Siti (2025) PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION ) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV PADA MATERI MAHLUK HIDUP DI MI MANARUL HUDA SUKONYAR WAJAK. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600011-SITI QOMARIYAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600011-SITI QOMARIYAH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600011-SITI QOMARIYAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600011-SITI QOMARIYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600011-SITI QOMARIYAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGMI-2018642600011-SITI QOMARIYAH-BAB 5.pdf

Download (306kB)

Abstract

Secara umum pembeljaran kelas 4 di MI Manarul Huda Sukoanyar Wajak
Pada umumnya siswa juga cenderung pasif kurang aktif dalam pembelajaran hanya
menerima apa yang di sampaikan guru tanpa bisa mengeluarkan pendapat, bertanya,
serta menjawab pertanyaan. Jika guru mengajukan pertanyaan, siswa tidak berani
menjawab, jika ada itu hanya 4-5 orang siswa saja. Jika ada kendala siswa tidak berani
bertanya. Nilai yang di peroleh siswa masih di bawah standar ketuntasan belajar,
dimana standar yang di gunakan adalah 78.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah
penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap siswa kelas IV di MI
Manarul Huda pada penguasaan materi “Mahluk Hidup” (2) Bagaimana peningkatan
aktivitasbelajar siswa dalam menggunakan metode pembelajaran kooperarif tipe STAD
dalam materi “Mahluk Hidup”
Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan
Kelas (PTK). Adapun Model PTK yang dipakai yaitu model kemmis dan tagart, peneliti
melakukan dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Langkah- langkah yang dilaksanakan
adalah: 1) Perencanaan 2) Pelaksanaan 3) Pengamatan 4) Refleksi.
Hasil penelitihan Dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami
peningkatan mulai tes awal, tes akhir siklus I, sampai tes akhir siklus II. Hal ini dapat
diketahui dari rata-rata nilai siswa 50 (tes awal) dengan presentase 20 %, meningkat
menjadi 80 (tes akhir siklus I) dengan presentase 68 %, dan meningkat lagi menjadi 85
(tes akhir siklus II) dengan presentase 88%.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Metode STAD, Pemahaman, Materi Mahluk Hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 03:49
Last Modified: 27 Feb 2025 03:49
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1035

Actions (login required)

View Item
View Item