Choiriah, Ulfatul (2025) MUROTTAL AL-QUR’AN SEBAGAI MEDIA MENGHAFAL SURAT-SURAT PENDEK DI MI MIFTAHUL HUDA MOJOSARI KEPANJEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600010-ULFATUL CHOIRIAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600010-ULFATUL CHOIRIAH-BAB 1.pdf
Download (800kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600010-ULFATUL CHOIRIAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600010-ULFATUL CHOIRIAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (941kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600010-ULFATUL CHOIRIAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600010-ULFATUL CHOIRIAH-BAB 5.pdf
Download (311kB)
Abstract
Pendidikan mempunyai peranan yang sangat penting dalam
pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Oleh karenanya pendidikan sangat perlu untuk dikembangkan dari berbagai ilmu pengetahuan, karena pendidikan yang berkualitas dapat meningkatkan kecerdasan suatu bangsa.
Pendidikan merupakan bagian penting dari proses pembangunan nasional yang ikut meningkatkankan pertumbuhan ekonomi suatu negara. Pendidikan juga merupakan investasi dalam pengembangan sumber daya manusia
dimana peningkatan kecakapan dan kemampuan diyakini sebagai faktor pendukung upaya manusia dalam mengarungi kehidupan.
Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) mengetahui bagaimana penggunaan murottal Al-Quran untuk meningkatkan kualitas hafalan siswa untuk menghafalkan Al-Quran juz 30 (2) mengetahui faktor
pendukung dan penghambat pelaksanaan murottal Al-Quran sebagai media siswa untuk menghafal surat-surat pendek di MI Miftahul Huda Mojosari (3) mengetahui dampak dari pelaksanaan murottal Al-Quran sebagai media
siswa untuk menghafal surat-surat pendek di MI Miftahul Huda Mojosari.Desain yang di gunakan pada penelitian ini menggunakan metode studi kasus sedangakan pendekatan yang di gunakan oleh peneliti ialah
pendekatan kualitatif deskriptif.Hasil penelitianya adalah (1) Media Murottal ini berjalan dengan efektif. Hal tersebut dapat di lihat dari keberhasilan media yang di jalankan dengan baik sesuai dengan aturan yang telah di tetapkan. (2) Faktor pendukung media murottal ini yang pertama yaitu
fleksibel. Yang kedua yakni identikdengan suasana yang
menyenangkan dan yang ketiga membantu memudahkan para siswa dalam mengingat hafalannya. Problematika pelaksanaan media pemutaran murottal ini yaitu sulitnya mengkndisikan siswa untuk tetap tenang saat pemutaran
murottal berlangsung.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media murottal, menghafal, surat-surat pendek |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:50 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:50 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1037 |