Inayah, Uyun Nailul (2025) PENGARUH MINAT BACA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS IV, V, VI DI MINU JATIREJOYOSO. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600029-UYUN NAILUL INAYAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600029-UYUN NAILUL INAYAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600029-UYUN NAILUL INAYAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600029-UYUN NAILUL INAYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGMI-2018642600029-UYUN NAILUL INAYAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGMI-2018642600029-UYUN NAILUL INAYAH-BAB 5.pdf
Download (471kB)
Abstract
Keberhasilan pendidikan merupakan tangggung jawab bersama orang tua,
guru, masyarakat dan pemerintah. Pemerintah dan masyarakat menyediakan tempat
untuk belajar yaitu sekolah. prestasi belajar tidak dapat dipisahkan dari masalah
minat baca dan motivasi belajar, hal ini disebabkan prestasi belajar merupakan
bukti keberhasilan dalam kegiatan belajar mengajar.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) pengaruh yang signifikan
antara minat baca terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas
IV, V, VI MINU Jatirejoyoso. (2) pengaruh yang signifikan antara motivasi belajar
terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV, V, VI MINU
Jatirejoyoso. (3) pengaruh yang signifikan antara Pengaruh minat baca dan motivasi
belajar terhadap prestasi belajar siswa pada pembelajaran tematik kelas IV, V, VI
MINU Jatirejoyoso.
Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penelitian
kuantitatif. Penelitian ini berlokasi di MINU Jatirejoyoso. Dari seluruh kelas yang
menjadi anggota populasi penelitian dari 178 siswa terpilih 74 siswa yang menjadi
sampel penelitian. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah
kuesioner/angket yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar tingkat minat
baca dan motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa, dan dibandingkan dengan nilai
UAS siswa.
Hasil penelitian yang didapat yaitu ada pengaruh yang positif dan signifikan
dari variabel minat baca terhadap prestasi belajar yang dibuktikan dengan nilai thitung
(4,175) > ttabel (1,993) dan signifikansinya (0,013) < (0,05). Maka dapat
disimpulkan bahwa Ho ditolak. Selanjutnya terdapat pengaruh yang positif
signifikan dari variabel motivasi belajar terhadap prestasi belajar yang dibuktikan
dengan nilai thitung (2,185) > ttabel (1,993) dan signifikansinya (0,001) < (0,05). Maka
dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Secara simultan variabel minat baca dan
motivasi belajar memiliki pengaruh positif signifikan terhadap prestasi belajar. Hal
ini dibuktikan dengan nilai Fhitung (8,996) > Ftabel (3,12) dan nilai signifikansinya
0,000 < 0,05. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa Ho ditolak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Minat Baca, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Guru MI |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 03:51 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 03:51 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1038 |