PENGEMBANGAN MEDIA STAFLASH UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Ramadhani, Annisa Syaidatul (2025) PENGEMBANGAN MEDIA STAFLASH UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN LITERASI NUMERASI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206029-ANNISA SYAIDATUL RAMADHANI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206029-ANNISA SYAIDATUL RAMADHANI-BAB 1.pdf

Download (965kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206029-ANNISA SYAIDATUL RAMADHANI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206029-ANNISA SYAIDATUL RAMADHANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206029-ANNISA SYAIDATUL RAMADHANI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206029-ANNISA SYAIDATUL RAMADHANI-BAB 5.pdf

Download (472kB)

Abstract

Penelitian dan pengembangan media ini dilatarbelakangi oleh kurang
bervariasinya media pembelajaran yang digunakan guru dengan basis digital
sehingga siswa kurang maksimal dalam pemahaman pada materi matematika.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran
berbasis animasi dengan adobe flash yang layak dan valid untuk mengukur
kemampuan literasi numerasi siswa sekolah dasar.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian
Research and Development (R&D). Research and Development adalah jenis
metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan suatu produk tertentu dan
menguji keefektifan produk tersebut. Model pengembangan yang digunakan dalam
penelitian ini yaitu model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation
and Evaluation). Sebanyak 26 siswa kelas V SDN 1 Gampingan terlibat dalam
penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi,
wawancara, tes, dan angket.
Penelitian ini mengemebangakan media staflash (statistic flash) berbasis
animasi yan dibuat dengan software aplikasi adobe flash dalam kategori valid,
layak, praktis serta dapat mengukur kemampuan literasi numerasi siswa kelas V
SD. Hasil kevalidan dan kelayakan media serta materi dari validasi ahli yaitu
tingkat pencapaian sebesar 92,5% berada pada interval sangat baik atau sangat
layak dan 96,25% berada pada interval sangat baik atau sangat layak. Maka dapat
disimpulkan bahawa media staflash layak digunakan. Sedangkan media staflash
mampu mengukur kemampuan literasi numerasi siswa dengan hasi uji gain score
yang menunjukkan hasil perhitungan gain-score kelompok kecil 0,92. Hasil uji gain
pada kelompok besar mendapatkan skor sebesar 0,90. Klasifikasi dari hasil
perhitungan uji gain pada kelompok kecil dan kelompok besar masuk dalam
klasifikasi tinggi artinya kemampuan literasi numerasi siswa kelas V dapat
meningkat setelah menggunakan media staflash.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengmbangan media, mengukur, kemampuan literasi numerasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:01
Last Modified: 27 Feb 2025 04:01
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1046

Actions (login required)

View Item
View Item