PUTRI, ARDITA RAHMA (2025) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR POCKET BOOK BERBASIS QR CODE UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH MANUSIA DI KELAS V SD. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206002-ARDITA RAHMA PUTRI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206002-ARDITA RAHMA PUTRI-BAB 1.pdf
Download (918kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206002-ARDITA RAHMA PUTRI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206002-ARDITA RAHMA PUTRI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206002-ARDITA RAHMA PUTRI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206002-ARDITA RAHMA PUTRI-BAB 5.pdf
Download (321kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada
materi sistem peredaran darah manusia di kelas V SDN 1 Banjarejo. Tujuan
penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan pocket book
berbasis QR Code pada materi sistem peredaran darah manusia di kelas V SDN 1
Banjarejo. (2) Untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDN 1
Banjarejo pada materi sistem peredaran darah manusia.
Jenis penelitian yang digunakan penulis adalah Research and Development
(R&D), dimana penelitian ini menghasilkan sebuah produk tertentu untuk menguji
kelayakan produk yang dikembangkan agar dapat meningkatkan minat belajar
siswa. Metode penelitian ini menggunakan model pengembangan Analysis Design
Development Implementation Evaluation (ADDIE). Subyek penelitian ini adalah
siswa kelas V SD Negeri 1 Banjarejo. Teknik pengumpulan data yang digunakan
oleh penelitian menggunakan validasi ahli materi, validasi ahli bahan ajar, validasi
ahli praktisi pendidikan, dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa media bahan ajar pocket book berbasis
QR Code layak dijadikan sebagai media pembelajaran dengan melakukan revisi
berdasarkan saran para ahli materi, ahli bahan ajar, dan ahli praktisi pendidikan.
Kelayakan bahan ajar dapat dibuktikan melalui hasil dari validasi ahli bahan ajar
dengan mendapatkan hasil skor 96%, maka dapat dikatakan bahwa bahan ajar
pocket book berbasis QR Code ini berkualifikasi valid dan tidak revisi. Validasi
ahli materi dengan mendapatkan hasil skor 97%, maka dapat dikatakan bahwa
bahan ajar pocket book berbasis QR Code ini berkualifikasi valid dan tidak revisi.
Validasi oleh praktisi pendidikan mendapatkan hasil skor 84,3% maka bahan ajar
pocket book berbasis QR Code berkualifikasi sangat valid dan tidak revisi. Dari
segi kepraktisan, bahan ajar berbentuk pocket book berbasis QR Code ini sudah
memenuhi kriteria praktis dengan diperoleh rata-rata nilai 83,92. Sehingga, bahan
ajar berbentuk pocket book berbasis QR Code yang peneliti kembangkan
berkualifikasi baik ditinjau dari segi kevalidan dan kepraktisannya. Penerapan
bahan ajar pocket book berbasis QR Code untuk meningkatkan minat belajar IPA
materi sistem peredaran darah manusia pada siswa kelas V SD terbukti dapat
meningkatkan minat belajar siswa yaitu dari hasil rata-rata hitung yang diperoleh
pada angket minat belajar awal (sebelum) menggunakan bahan ajar pocket book
berbasis QR Code yaitu 53% termasuk dalam kategori “cukup” dan hasil rata-rata
hitung akhir (sesudah) menggunakan bahan ajar pocket book berbasis QR Code
yaitu 71,3% termasuk dalam kategori “baik”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Pocket Book Berbasis QR Code, Minat Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:01 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:01 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1047 |