PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MELALUI APLIKASI PROPROFS PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 PB 3 UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

Hamidah, Arifatul (2025) PENGEMBANGAN SOAL HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) MELALUI APLIKASI PROPROFS PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 PB 3 UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206053-ARIFATUL HAMIDAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206053-ARIFATUL HAMIDAH-BAB 1.pdf

Download (730kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206053-ARIFATUL HAMIDAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206053-ARIFATUL HAMIDAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206053-ARIFATUL HAMIDAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206053-ARIFATUL HAMIDAH-BAB 5.pdf

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar-belakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir
siswa dalam mengerjakan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) kelas IV
SDN Kebobang 02. Penelitian bertujuan untuk: (1) dapat mengembangkan
soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) melalui aplikasi Proprofs pada Tema
7 Subtema 1 PB 3 Kelas IV Sekolah Dasar (2) mengetahui Valid dan reliabel
dalam soal pilihan ganda (3) kelayakan pada instrumen soal Higher Order
Thinking Skills (HOTS) (4) dapat mengetahui respon guru dan siswa terhadap
kepraktisan pada pengembangan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS)
dengan menggunakan aplikasi Proprofs.
Penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D (Research and
Development) metode ADDIE. Adapun langkah ADDIE yang yaitu: (1) analisis
(analyze), (2) perancangan (design), (3) pengembangan (development),(4)
implementasi (implementation), dan (5) evaluasi (evaluation). Penelitian ini
untuk mengetahui kelayakan soal yang dikembangkan dan
untuk
mengetahui kelayakan serta respon kepraktisan pada produk yang dibuat
dengan munggunakan skala likert. Penelitian ini dilakukan kepada siswa
kelas IV Sekolah Dasar di SDN Kebobang 02. Analisis data instrumen non
tes peneliti menggunakan teknik analisis data deskriptif. Teknik pengumpulan
data menggunakan metode wawancara, observasi, angket, dokumentasi.
Instrument yang digunakan yaitu lembar wawancara, lembar angket validasi.
Hasil penelitian pada pengembangan soal soal Higher Order Thinking
Skills (HOTS) melalui aplikasi Proprofs layak digunakan karena memudahkan
siswa dalam mengerjakan soal sekaligus memudahkan guru dalam mengoreksi
soal. Dari hasil yang didapat pada ahli materi memperoleh nilai presentase
100% dan ahli media memperoleh nilai presentase 93% di kategorikan
“Sangat Layak” untuk hasil respon guru pada kepraktisan pengembangan soal
pada pengembangan soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) dengan
menggunakan aplikasi Proprofs yaitu 100% kategori “Sangat Praktis”. Hasil uji
coba kelompok besar 93,8% kategori “Sangat Layak”.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skills (HOTS), Aplikasi Proprofs.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:03
Last Modified: 27 Feb 2025 04:03
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1048

Actions (login required)

View Item
View Item