Nurdiana, Mice (2025) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN BERPIKIR KRITIS PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR ANAK SHOLEH FULL DAY. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206035-MICE TITYN NURDIANA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206035-MICE TITYN NURDIANA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206035-MICE TITYN NURDIANA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206035-MICE TITYN NURDIANA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206035-MICE TITYN NURDIANA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206035-MICE TITYN NURDIANA-BAB 5.pdf
Download (367kB)
Abstract
Kemampuan berpikir kritis peserta didik yang masih rendah disebabkan
selama proses pembelajaran pendidik masih belum tepat menyesuaikan penerapan
model pembelajaran yang sesuai dan inovatif dalam hal ini pendidik cenderung
memilih model pembelajaran yang bersifat teacher centered sehingga peserta
didik kesulitan untuk mengembangkan diri untuk menggali gagasan ataupun
memberikan ide kritis.
Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu apakah ada peningkatan
kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV melalui penerapan model
Problem Based Learning?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya
peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV melalui penerapan
model Problem Based Learning.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan
model Kurt Lewin yang berisi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan
refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD Anak Sholeh Full
Day. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes untuk
mengukur kemampuan berpikir kritis peserta didik, observasi untuk mengamati
aktivitas peserta didik dan pendidik serta dokumentasi proses penerapan model
Problem Based Learning.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Problem Based
Learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hal ini
dibuktikan dengan meningkatnya nilai rata- rata kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kondisi awal nilai rata- rata adalah 54 atau sebesar 28%, setelah
dilaksanakan pembelajaran dengan menerapkan model Problem Based Learning
pada siklus I nilai rata- rata peserta didik mencapai 71,6 atau sebesar 72% yang
artinya mengalami peningkatan dari kondisi awal. Setelah dilakukan refleksi pada
siklus I, nilai rata-rata pada siklus II meningkat menjadi 80 atau sebesar 88%
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis, Pembelajaran Tematik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:35 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:35 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1060 |