PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS QR CODE TECHNOLOGY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA

Rifdayanti, Novika (2025) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS QR CODE TECHNOLOGY UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR TEMA 8 LINGKUNGAN SAHABAT KITA. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206049-NOVIKA RIFDAYANTI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206049-NOVIKA RIFDAYANTI-BAB 1.pdf

Download (611kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206049-NOVIKA RIFDAYANTI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206049-NOVIKA RIFDAYANTI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206049-NOVIKA RIFDAYANTI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206049-NOVIKA RIFDAYANTI-BAB 5.pdf

Download (330kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengkaji kelayakan dan kevalidan E
Modul berbasis QR-Code Technology untuk meningkatkan Literasi Sains pada
siswa kelas V di SDN 2 Bringin Kecamatan Wajak, 2) Mengetahui peningkatan
literasi sains melalui penggunaan E-Modul berbasis QR-Code Technology pada
siswa kelas V di SDN 2 Bringin Kecamatan Wajak.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D).
Model yang digunakan adalah model Borg & Gall. Subjek penelitian adalah siswa
kelas V SDN 2 Bringin Kecamatan Wajak Kabupaten Malang tahun pembelajaran
2021/2022 yang terdiri dari 24 siswa. Dalam penelitian ini materi pokok yang
digunakan adalah pada mata pelajaran tematik tema 8 lingkungan sahabat kita
subtema 1 manusia dan lingkungan. Instrument yang digunakan antara lain soal tes
pretest postest, angket respon siswa, validasi materi, validasi media, validasi
praktisi ahli soal tes. Data yang dihasilkan berupa validasi produk E-Modul, hasil
soal pretest postest, respon siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) E-Modul literasi sains berbasis QR
Code Technology valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Kevalidan
tersebut dapat dilihat dari hasil validasi ahli materi mendapat persentase sebesar
96,9% dengan kriteria sangat valid, validator ahli bahan ajar sebesar 96,9% dengan
kriteria sangat valid, validator ahli soal literasi sains sebesar 98% dengan kriteria
sangat valid, respon peserta didik kelompok kecil dan kelompok besar mendapat
skor sebesar 3,94 dan 4,26 dengan kategori “layak”. 2) peningkatan literasi dalam
E-Modul dapat dilihat dari uji coba kelompok kecil dan kelompok besar.
Peningkatan literasi sains pada uji coba pretest-postest kelompok kecil dan besar
yakni sejumlah 37% dan 21%. Sedangkan peningkatan literasi sains yang diperoleh
melalui perhitungan N-gain pada kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil
kelompok kecil memperoleh rata-rata nilai sebesar 0,72 dengan kriteria tinggi,
Hasil pada kelompok besar memperoleh rata-rata nilai sebesar 0,54 dengan kriteria
sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan dapat disimpulkan bahwa
E-Modul literasi sains berbasis QR Code Technology dapat digunakan untuk
meningkatkan literasi sains peserta didik kelas V Sekolah Dasar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: E-Modul, Literasi Sains, QR Code Technology
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:38
Last Modified: 27 Feb 2025 04:38
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1064

Actions (login required)

View Item
View Item