PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS GAME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 5

Fada, Savira (2025) PENGARUH MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS GAME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 5. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206001-SAVIRA FADA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206001-SAVIRA FADA-BAB 1.pdf

Download (742kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206001-SAVIRA FADA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206001-SAVIRA FADA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206001-SAVIRA FADA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206001-SAVIRA FADA-BAB 5.pdf

Download (523kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi belum maksimalnya kemampuan berpikir
kritis siswa pada mata pelajaran tematik kelas V SD Negeri 2 Sumbertangkil.
Banyak faktor peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi
kemampuan berpikir kritis siswa seperti: 1) Kurang maksimal dalam penyampain
materi, 2) Kurang aktifnya siswa dalam proses pembelajaran, 3) Siswa kesulitan
dalam memahami materi, 4) Siswa kesulitan dalam menjelaskan kembali materi
yang telah dijelaskan, 5) Kurangnya fasilitas belajar. Maka untuk mengatasi
masalah tersebut peneliti menerapkan model guided discovery learning berbasis
game agar kemampuan berpikir kritis siswa meningkat. Tujuan penelitian ini untuk
meningkatkan dan mengetahui kemampuan berpikir kritis dalam hasil belajar siswa
pada mata pelajaran tematik kelas 5 SD Negeri 2 Sumbertangkil tahun ajaran
2021/2022 melalui model guided discovery learning berbasis game.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian semu eksperimen (quasi
eksperimenn) dengan pendekatan kuantitatif. Adapun desain penelitian eksperimen
yang digunakan adalah desain penelitian post-test only nonequivalent. Peneliti
melaksanakan penelitian dengan 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan
kelompok kontrol berikut langkah-langkah penelitian: 1) Pengamatan, 2)
Menjelaskan dan menafsirkan data. Dalam pengumpulan data peneliti
menggunakan instrumen penelitian meliputi: lembar observasi, tes, dan
dokumentasi serta menggunakan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan uji
homogenitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikansi hasil uji hipotesis
sebesar 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh model guided discovery learning
berbasis game terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Guided Discovery Learning, Game, dan Kemampuan Berpikir Kritis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 04:43
Last Modified: 27 Feb 2025 04:43
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1067

Actions (login required)

View Item
View Item