Maymunah, Siti (2025) PENGEMBANGAN SOAL MATEMATIKA HOTS DENGAN KONTEKS COVID-19 UNTUK MENGUKUR KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206016-SITI MAYMUNAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206016-SITI MAYMUNAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206016-SITI MAYMUNAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206016-SITI MAYMUNAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206016-SITI MAYMUNAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206016-SITI MAYMUNAH-BAB 5.pdf
Download (611kB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh keterbatasan guru
dalam pembuatan soal HOTS sehingga siswa kurang terlatih dalam mengerjakan
soal-soal HOTS. Guru membutuhkan soal-soal HOTS untuk mengasah kemampuan
berpikir siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan seperangkat soal
matematika HOTS dengan konteks covid-19 yang valid, praktis untuk mengukur
kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD, serta untuk mengetahui apakah
seperangkat soal tersebut dapat mengukur kemampuan berpikir kritis siswa.
Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian
pengembangan (development research) yang terdiri dari analisis, desain, evaluasi
dan revisi. Tahapan pengembangan soal ini melalui tahapan preliminary dan
prototyping dengan alur formative evaluation. Sebanyak 28 siswa kelas IV SD
Negeri 2 Tlogorejo dan 2 pakar ahli terlibat dalam tahap prototyping. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket, hasil tes, dan
wawancara.
Penelitian ini menghasilkan seperangkat soal matematika HOTS sebanyak 6
butir dalam kategori konten, konteks, dan proses yang valid, praktis, serta dapat
mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil valid dan praktis dapat dilihat
dari hasil validasi ahli yaitu dengan rata-rata 95,5%, untuk reliabilitas diperoleh
hasil 0,878 dengan interpretasi reliabilitas sangat tinggi. Hasil analisis
mengungkapkan bahwa, sebanyak 11,11% siswa mempunyai kemampuan berpikir
kritis baik, sedangkan 44,44% siswa mempunyai kemampuan berpikir kritis dengan
kategori cukup dan kurang. Berdasarkan hasil yang diperoleh, maka sebaiknya
siswa lebih sering diberikan soal-soal latihan yang mengacu pada kemampuan
berpikir siswa. Hal ini diharapkan agar siswa lebih memahami dan dapat
menerapkan kemampuan berpikir kritis yang dimilikinya dalam mengambil
keputusan dan memecahlan masalah dalam soal matematika.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Soal matematika HOTS, covid-19, berfikir kritis |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 04:49 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 04:49 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1069 |