PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN GAME EDUKASI ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR

MAULIDAH, VERA FAJARIYATUL (2025) PENGARUH MODEL BLENDED LEARNING BERBANTUAN GAME EDUKASI ONLINE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA KELAS 3 SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206019-VERA FAJARIYATUL MAULIDAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206019-VERA FAJARIYATUL MAULIDAH-BAB 1.pdf

Download (818kB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206019-VERA FAJARIYATUL MAULIDAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206019-VERA FAJARIYATUL MAULIDAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206019-VERA FAJARIYATUL MAULIDAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PGSD-1886206019-VERA FAJARIYATUL MAULIDAH-BAB 5.pdf

Download (563kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada
pembelajaran tematik kelas 3 SDN 02 Bringin Wajak. Ada beberapa faktor yang
peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi hasil belajar siswa
seperti: 1) Penggunaan model yang masih belum bervariasi, 2) Pembelajaran kurang
efektif sehingga tujuan tidak tercapai maksimal. Maka dari itu penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui apakah pengaruh model blended learing berbantuan game edukasi
online terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas 3 sekolah dasar.
Metode penelitian menggunakan quasi exsperiment teknik pengumpulan data
melalui observasi, dengan pemberian angket, pengisian soal test dan pengumpulan
dokumentasi. penelitian ini menilai aspek kognitif yang menggunakan instrumen
berupa test (pre-test dan pos-test). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa siswi
kelas 3A dan 3 B SDN 02 Bringin Wajak tahun ajaran 2022 dengan jumlah 45 siswa.
Data yang diperoleh kemudian dihitung dengan menggunakan uji normalitas, uji
homogenitas dan uj T-test dengan bantuan IBM Stastistik v.23.
Berdasarkan perhitungan yang diperoleh nilai t hitung sebesar 0,00 dan t tabel
sebesar 0,206 sehingga t hitung tabel ini berarti Ho ditolak pada taraf signifikan a =
0,05 . Maka dapat disimpulkan bahwa Ha yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh
antara model pembelajaran blended learning terhadap hasil belajar kognitif. Hal ini
menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Blended Learning, Wordwall, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 27 Feb 2025 05:07
Last Modified: 27 Feb 2025 05:07
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1075

Actions (login required)

View Item
View Item