Fatmaniati, Wiwit (2025) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS STM UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS KELAS VI SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206013-WIWIT FATMAWATI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206013-WIWIT FATMAWATI-BAB 1.pdf
Download (990kB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206013-WIWIT FATMAWATI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206013-WIWIT FATMAWATI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PGSD-1886206013-WIWIT FATMAWATI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PGSD-1886206013-WIWIT FATMAWATI-BAB 5.pdf
Download (598kB)
Abstract
Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya
literasi sains peserta didik pada pembelajaran tematik kelas VI SDN 1
Karangduren. Faktor yang mempengaruhi rendahnya literasi sains yaitu
kurangnya kemampuan guru mengembangkan bahan ajar, keterbatasan
sarana dan prasarana serta materi kegiatan pratikum yang sering
diloncati. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk berupa
LKPD berbasis STM pembelajaran Tema 1 Subtema 1 yang layak
untuk meningkatkan literasi sains peserta didik.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan R&D (Reach
and Development) dengan menggunakan model pengembangan Borg
and Gall. Produk yang dikembangkan yaitu bahan ajar LKPD berbasis
STM. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD
Negeri 1 Karangduren yang berjumlah 20 peserta didik. Teknik dan
instrumen yang di yang digunakan adalah wawancara, observasi,
angket, tes, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis STM layak
digunakan sebagai bahan ajar dengan validasi ahli media sebesar 93%
dengan kriteria sangat layak, Validasi ahli Materi sebesar 98% dengan
kriteria sangat layak, dan validasi ahli soal literasi sains sebesar 99%
dengan kriteria sangat layak, respon siswa kelompok kecil dan
kelompok besar mendapat peresentase sebesar 93% dan 92% dengan
kriteria tinggi. Bahan ajar LKPD berbasis STM dapat meningkatkan
literasi sains peserta didik, hal ini dapat dilihat dari hasil pretest dan
postest.
Persentase peningkatan literasi sains peserta didik
menggunakan perhitungan klasikal pada kelompok kecil sebesar 16%,
pada kelompok besar sebesar 62%. Adapun perhitungan menggunakan
N-gain pada kelompok kecil memperoleh skor sebesar 0,71 dengan
kriteria tinggi, pada kelompok besar memperoleh skor sebesar 0,60
dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan
dapat disimpulkan bahwa LKPD berrbasis STM efektif digunakan
dalam meningkatkan literasi sains peserta didik kelas VI Sekolah
Dasar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, STM (Sains Teknologi, dan Masyarakat), dan Literasi Sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru SD |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 05:08 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 05:08 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1078 |