Oktaviani, Ninik (2025) PENGARUH PERMAINAN ALPHABETIC PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI TK PGRI 5 BANTUR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201049-NINIK OKTAVIANI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201049-NINIK OKTAVIANI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201049-NINIK OKTAVIANI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201049-NINIK OKTAVIANI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201049-NINIK OKTAVIANI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PSIKOLOGI-1773201049-NINIK OKTAVIANI-BAB 5.pdf
Download (349kB)
Abstract
Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan peneliti terhadap anak kelompok B di TK PGRI 5 Bantur bahwa kemampuan membaca anak beragam. Ada anak yang bisa membaca dengan benar, Ada yang masih rendah dalam
membaca yang ditandai dengan anak belum bisa menyebutkan bunyi huruf yang sesuai dengan bentuknya, menunjukan lambang huruf, menyusun huruf menjadi sebuah kata. Berdasarkan fakta yang terjadi dilapangan mulai dari tahun 2015
sampai tahun 2020 semua pembelajaran dikelas masih berpusat pada guru sehingga anak menjadi lebih pasif dan hanya mengikuti instruksi dari guru sebagai guru harus
mampu memilih dan menggunakan strategi, media atau permainan yang dapat merangsang agar ada keinginan dalam diri anak untuk belajar membaca tanpa ada paksaan dari manapun. Penggunaan media pembelajaran akan sangat membantu
keefektifan proses pembelajaran dan penyampaian pesan dan isi pembelajaran. Alphabetic Puzzle merupakan mainan edukatif anak yang berguna untuk memperkenalkan kepada anak tentang abjad. Alphabetic puzzle yang peneliti
gunakan untuk memperkenalkan membaca permulaan terbuat dari kertas yang memiliki warna yang berwarna-warni sehingga anak dapat tertarik untuk memainkannya.
Metode penelitian menggunakan teknik kuantitatif dimana rancangan dalam penelitian adalah untuk menggali informasi dengan membandingkan hasil pretest dan posttest dari kelas control dan kelas experiment, dimana variable independent
nya adalah permainan puzzle dan variable dependent nya adalah kemampuan membaca permulaan. Adapun instrument yang digunakan adalah lembar observasi
dan lembar tes. Berdasarkan hasil penerapan treatment sebanyak 4 (empat) kali dan hasil analisis yang telah dilakukan mengenai pengaruh permainan Alphabetic Puzzle
terhadap kemempuan membaca permulaan di TK PGRI 5 Bantur dapat ditarik kesimpulan bahwasannya secara kasat mata Alphabetic puzzle berpengaruh terhadap kemampuan baca permulaan anak, namun guna menyakinkan maka
dilakukan serangkaian uji T test digunakan untuk menguji pengaruh penggunaan permainan Alphabetic puzzle terhadap kemampuan membaca permulaan didapatkan nilai Signifikansi (Sig.) diangka .002, sehingga sebagaimana hipotesis
yang diujikan .002 < 0.05 maka H0 ditolak dan Ha diterima, dengan artian ada pengaruh penggunaan permainan Alphabetic puzzle terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B di TK PGRI 5 Bantur.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 06:37 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 06:37 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1089 |