PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS VII DI MTS AL ISLAM BANTUR

Rasyid, Hamidi and Febriana, Riska and Rustantono, Hendra and Cholifah, Tety Nur and Sutomo, Sutomo (2023) PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS KELAS VII DI MTS AL ISLAM BANTUR. JIPSOS: Jurnal Inovasi Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1 (1). pp. 55-61. ISSN e-ISSN. 3026-1570, p-ISSN. 3026-2089

[thumbnail of PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS.pdf] Text
PENGARUH METODE RESITASI TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS.pdf

Download (385kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pengaruh dari metode resitasi terhadap motivasi
belajar IPS siswa kelas VII di MTs Al Islam Bantur pada tahun pelajaran 2021/2022.Penelitian ini
beralamatkan di JL.Diponegoro no.45 Desa Wonokerto Kecamatan Bantur.Penelitian ini disusun untuk
menjawab pertanyaan (1) Apakah metode resitasi berpengaruh terhadap pembelajaran IPS siswa
kelas VII di MTs Al Islam bantur (2) Apakah terdapat pengaruh dari metode resitasi terhadap motivasi
belajar IPS kelas VII di MTs Al Islam Bantur.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif,Metode pengumpulan data pada
penelitian ini menggunakan metode angket,observasi,dokumentasi.populasi dalam penelitian ini
berjumlah 74 siswa dan sampelnya berjumlah 62 siswa.Sampel kelasnya terdiri dari kelas VII A
berjumlah 20 siswa kelas VII B berjumlah 21 siswa dan kelas VII C berjumlah 21 siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ,pengaruh dari penggunaan metode resitasi dan motivasi
belajar siswa kelas VII di MTs Al Islam Bantur sebesar 25 % motivasi Belajar di pengaruhi oleh
metode resitasi ,sedangkan 75 % motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh variable lain seperti
metode ceramah,metode diskusi ,metode tanya jawab .Penelitian ini lebih berfokus pada metode
resitasi dan motivasi belajar siswa pada kelas VII di MTs Al Islam Bantur. Hasil analisis Uji
Hipotesis menunjukkan bahwa nilai t hitung sebesar 3.311 > t table 0.2500 dengan signifikansi 0,002
< 0,05 ,sehingga hipotesis nihil ditolak dan hipotesis alternatif diterima,hasilnya signifikan dengan
kesimpulan terdapat pengaruh dari metode resitasi terhadap motivasi belajar siswa kelas VII di MTs
Al Islam Bantur.Hasil penelitian membuktikan bahwa dengan menggunakan metode resitasi
memberikan dampak dalam pembelajaran dan motivasi belajar siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode Resitasi, Motivasi Belajar, IPS
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 05 Mar 2025 04:35
Last Modified: 05 Mar 2025 04:35
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item
View Item