Zuhro, Maulina Arofati (2024) PENGEMBANGAN MEDIA ULAR TANGGA DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII MTS TAUFIQIYAH KEMUNING KRANGGAN NGAJUM. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-MAULINA AROFATI ZUHRO-20842071005-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-MAULINA AROFATI ZUHRO-20842071005-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-MAULINA AROFATI ZUHRO-20842071005-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-MAULINA AROFATI ZUHRO-20842071005-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-MAULINA AROFATI ZUHRO-20842071005-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-MAULINA AROFATI ZUHRO-20842071005-BAB 5.pdf
Download (895kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran pada mata pelajaran IPS kelas VIII di MTs Taufiqiyah Kemuning. Banyak faktor yang peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi Hasil Belajar Siswa khususnya Ranah Kognitif peserta didik. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media ular tangga
dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VIII pada mata pelajaran IPS materi Mengenal Negara ASEAN, Interaksi Sosial, Pluralitas Masyarakat Indonesia di MTs Taufiqiyah Kemuning. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (RnD) dengan pendekatan kualitatif. Adapun model RnD yang digunakan adalah model ADDIE (Analize, Design, Development. Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick and Carry.
Peneliti melakukan penelitian melalui 5 tahap sesuai dengan model ADDIE yakni analisis, perencanaan, pengembangan, penerapan, dan evaluasi. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber, yaitu hasil wawancara, hasil observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan media pembelajaran ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar khususnya ranah kognitif peserta didik. Pada analisis awal nilai rata-rata peserta didik pada
ulangan harian materi Mengenal Negara ASEAN, Interaksi Sosial, Pluralitas Masyarakat Indonesia mencapai 58. Setelah menggunakan media ular tangga nilai rata-rata ulangan harian pada materi Mengenal Negara ASEAN, Interaksi Sosial, Pluralitas Masyarakat Indonesia mengalami peningkatan yang cukup signifikan dengan rata-rata nilai mencapai 78.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Media Ular Tangga, Hasil Belajar Siswa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:20 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:20 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1562 |