Rafi, Muhammad Aidil (2024) ANALISIS PROGRAM ADIWIYATA PADA MATA PELAJARAN IPS UNTUK MENANAMKAN KARAKTER PEDULI LINGKUNGAN DI SMP NEGERI 2 WAGIR MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-MUHAMMAD AIDILRAFI-20842071007-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-MUHAMMAD AIDILRAFI-20842071007-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-MUHAMMAD AIDILRAFI-20842071007-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-MUHAMMAD AIDILRAFI-20842071007-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-MUHAMMAD AIDILRAFI-20842071007-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-MUHAMMAD AIDILRAFI-20842071007-BAB 5.pdf
Download (2MB)
Abstract
Dalam upaya mempercepat pengembangan pendidikan lingkungan hidup khususnya jalur pendidikan formal pada jenjang SMP dan untuk mendorong terciptanya pengetahuan dan kesadaran warga sekolah dalam upaya pelestarian lingkungan hidup
maka telah dicanangkan program Adiwiyata (Tim Teknis Kementrian Lingkungan Hidup RI. Panduan Singkat menjadi Sekolah Adiwiyata. Jakarta: Kementrian Lingkungan Hidup RI, 2012). Program adiwiyata memiliki berbagai manfaat yang
positif bagi siswa salah satunya menumbuhkan sikap peduli siswa pada lingkungan hidup. Pendidikan lingkungan juga bersinggungan langsung dengan mata pelajaran IPS. Keduanya memiliki visi yang sejalan, masyarakat dan lingkungan menjadi kajian utama dalam IPS. Dalam kurikulum berbasis lingkungan pada program adiwiyata mewajibkan
setiap mata pelajaran terintegrasi dengan pendidikan lingkungan hidup. IPS merupakan salah satu mata pelajaran yang dapat diintegrasikan karena ada kesamaan dalam objek
kajiannya. Demikian peneliti tertarik mengambil penelitian yang berjudul “Analisis Program Adiwiyata Pada Mata Pelajaran Ips Untuk Menanamkan Karakter Peduli
Lingkungan di Smp Negeri 2 Wagir Malang”. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui implementasi program
adiwiyata di SMP Negeri 2 Wagir (2) Mengetahui menanaman karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 2 Wagir (3) Mengetahui implementasi program adiwiyata
pada mata pelajaran IPS untuk menanamkan karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 2 Wagir Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian
kualitatif dengan sifat deskriptif. Pengumpulan data melalui observsi, wawancara dan dokumentasi. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Program Adiwiyata di SMP Negeri 2 Wagir telah berhasil menciptakan lingkungan sekolah yang peduli terhadap lingkungan dan membentuk generasi bertanggung jawab terhadap pelestarian
bumi. (2) Menanamkan karakter peduli lingkungan di SMP Negeri 2 Wagir adalah bagian integral dari misi sekolah, dilakukan melalui pengintegrasian nilai-nilai peduli
lingkungan dalam berbagai aspek kehidupan sekolah. (3) Implementasi program Adiwiyata pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Wagir Malang merupakan strategi
yang efektif dalam menjalankan misi pendidikan karakter peduli lingkungan. Mata pelajaran IPS, dengan pendekatan interdisipliner yang melibatkan berbagai cabang ilmu
sosial dan humaniora, memainkan peran penting dalam membentuk sikap peduli lingkungan pada siswa. Integrasi ini tidak hanya mengajarkan teori tentang lingkungan,
tetapi juga mendorong siswa untuk merasakan, memahami, dan bertindak aktif dalam menjaga serta melestarikan lingkungan sekitar mereka.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Adiwiyata, Pembelajaran IPS, Karakter Peduli Lingkungan. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:21 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:21 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1564 |