Ferdiansyah, Wildan (2024) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN CARA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS MELALUI PERAN ORANG TUA SEBAGAI VARIABEL MODERASI DI MTS NASRUDDIN KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-WILDAN FERDIANSYAH-20842071002-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-WILDAN FERDIANSYAH-20842071002-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-WILDAN FERDIANSYAH-20842071002-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-WILDAN FERDIANSYAH-20842071002-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-IPS-WILDAN FERDIANSYAH-20842071002-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-IPS-WILDAN FERDIANSYAH-20842071002-BAB 5.pdf
Download (971kB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh metode mengejar guru yang monoton yakni metode ceramah. Cara belajar siswa kelas 9 di MTs Nasruddin cenderung berbeda-beda dan tidak teratur.
Peran orang tua juga melatar belakangi penelitian ini, yang mana tidak semua orang tua siswa memberikan dukungan yang sama dalam belajar siswa kelas 9 di MTs Nasruddin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar IPS, 2) pengaruh cara belajar siswa terhadap hasil belajar IPS, 3) peran orang tua dalam memperkuat persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar IPS, dan 4) peran orang tua dalam memperkuat cara belajar siswa terhadap hasil belajar IPS di MTs Nasruddin Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei dan diuji dengan analisis Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa 1) perserpsi siswa berpengaruh positif terhadap hasil belajar IPS dengan nilai t-statistik sebesar 2,317 > 1,96, 2) cara belajar mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan hasil belajar IPS siswa dengan nilai t-statistik sebesar 2,453 > 1,96, 3) peran orang tua belum mampu meningkatkan persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar dengan nilai t-statistik 1,139 < 1,96, 4) peran orang tua belum mampu meningkatkan cara belajar terhadap hasil belajar dengan nilai t-statistik 0,547 < 1,96.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | persepsi siswa, metode belajar, cara belajar, hasil belajar, peran orang tua. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 22 Sep 2025 07:22 |
Last Modified: | 22 Sep 2025 07:22 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1567 |