PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(PAI) DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEBANGSAAN PADA SISWA MELALUI MATA PELAJARAN AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH(ASWAJA)DI MADRASAH TSANAWIYAH(MTs.)MIFTAHULULUMDAMPIT

Al Furqon, Al Furqon (2024) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM(PAI) DALAM MEMBENTUK KARAKTER KEBANGSAAN PADA SISWA MELALUI MATA PELAJARAN AHLUSSUNNAH WAL JAMAAH(ASWAJA)DI MADRASAH TSANAWIYAH(MTs.)MIFTAHULULUMDAMPIT. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130039-AL FURQON-BAB 1.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130039-AL FURQON-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130039-AL FURQON-BAB 2-5.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130039-AL FURQON-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130039-AL FURQON-BAB 6.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130039-AL FURQON-BAB 6.pdf

Download (925kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekhawatiran akan pengaruh HTI yang berusaha menanamkan nilai-nilai yang bertentangan dengan Pancasila dan berusaha menyebarkan pemahaman ideologisnya kepada para peserta didik. Dalam
menghadapi pengaruh HTI tersebut, peran guru menjadi sangat krusial. Sebagai agen utama sosialisasi nilai-nilai Pancasila dan karakter kebangsaan di sekolah, guru dihadapkan pada tantangan untuk memperkuat identitas keIndonesiaan peserta didik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah melalui pelajaran Ahlus Sunnah wal
Jamaah (Aswaja), yang mana Pelajaran Aswaja ini memiliki pemahaman Islam yang moderat dan toleran, sehingga dapat menjadi sarana efektif dalam membentuk karakter kebangsaan peserta didik.Adapun fokus penelitian ini adalah: 1)Bagaimana proses pembelajaran mata Pelajaran ASWAJA dalam membentuk karakter kebangsaan siswa di MTs Miftahul Ulum Dampit? 2) Bagaimana peran guru dalam mengimplementasikan materi pelajaran ASWAJA dalam membentuk karakter kebangsaan siswa di MTs Miftahul Ulum Dampit? Sedangkan tujuannya untuk 1) Mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran mata Pelajaran ASWAJA dalam membentuk karakter kebangsaan siswa
di MTs Miftahul Ulum Dampit. 2) Mendeskripsikan bagaimana peran guru dalam mengimplementasikan materi pelajaran ASWAJA dalam membentuk karakter kebangsaan siswa di MTs Miftahul Ulum Dampit.Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, wawancara dan dokumentasi,
yang menjawab masalah tentang peran guru PAI dalam membentuk karakter kebangsaan pada siswa melalui mata pelajaran Ahlus Sunnah Wal Jamaah (ASWAJA) di Madrasah Tsanawiyah (MTs.) Miftahul Ulum Dampit. Adapun yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah Guru PAI, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan,dan peserta didik.Hasil penelitian menunjukkan 1) Dalam proses pembelajaran materi pelajaran aswaja di MTs. Miftahul Ulum Dampit, guru mengajarkan nilai-nilai kebangsaan,metode yang digunakan dalam pembelajaran aswaja bervariasi sesuai situasi dan kondisi, dan dalam pelaksanaan pembentukan karakter siswa tidak hanya dilakukan di
dalam kelas tetapi juga di luar kelas dengan melaksanakan beberapa kegiatan. 2)Peran guru dalam mengimplementasikan materi pelajaran aswaja dalam membentuk
karakter kebangsaan siswa yaitu dengan cara menanamkan nilai-nilai kebangsaan,mengintegrasikan nilai-nilai pancasila, membangun sikap kewarganegaraan yang baik,
meneladankan sikap kebangsaan, meneladankan sikap kebangsaan, menerapkan pendekatan yang inklusif dan dialogis, dan mengelola kelas dengan baik

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam (PAI), Karakter Kebangsaan, Ahlus Sunah Waljamaah.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:22
Last Modified: 23 Sep 2025 03:22
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1576

Actions (login required)

View Item
View Item