IMPLEMENTASI NILAI NILAI KETELADANAN DAN KASIH SAYANG DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI RA MATHLAUL HUDA 02

Jamilah, Ani Hidayatul (2024) IMPLEMENTASI NILAI NILAI KETELADANAN DAN KASIH SAYANG DALAM PENDIDIKAN ANAK USIA DINI DI RA MATHLAUL HUDA 02. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130062-ANI HIDAYATUL JAMILAH-BAB 1.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130062-ANI HIDAYATUL JAMILAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130062-ANI HIDAYATUL JAMILAH-BAB 2-5.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130062-ANI HIDAYATUL JAMILAH-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130062-ANI HIDAYATUL JAMILAH-BAB 6.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130062-ANI HIDAYATUL JAMILAH-BAB 6.pdf

Download (975kB)

Abstract

Tesis ini membahas tentang Penanaman nilai nilai teladan dan kasih sayang dalam konteks pendidikan anak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dampak dari penerapan prinsip-prinsip tersebut terhadap aspek psikologis dan sosial anak.. Hasil evaluasi diharapkan dapat memberikan wawasan lebih dalam tentang efektivitas prinsip teladan dan kasih sayang dalam meningkatkan perkembangan Psikologis dan sosial anak usia dini. Implikasi dari penelitian ini
diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pengembangan metode pendidikan yang lebih baik di tingkat anak usia dini, sehingga mendorong perkembangan holistik anak secara optimal. Penanaman nilai-nilaiteladan dan kasih sayang dalam pendidikan anak usia dini melibatkan peran penting dari orangtua dan guru. Prinsip teladan mengacu
pada perilaku dan sikap positif yang ditunjukkan oleh orangtua dan guru sebagai contoh bagi anak-anak, sementara kasih sayang mencakup pemberian perhatian, perawatan, dan dukungan emosional kepada anak. Evaluasi dampaknya pada aspek kognitif dan sosial anak dapat memberikan pemahaman lebih baik tentang efektivitas pendekatan ini.Penting untuk dicatat bahwa kolaborasi antara orangtua dan guru sangat penting. Komunikasi terbuka dan saling mendukung dapat
meningkatkan kualitas pendidikan anak usia dini. Penanaman Nilai Nilai teladan dan kasih sayang oleh kedua belah pihak dapat memberikan dampak positif yang signifikan pada perkembangan Phsikologis dan sosial anak-anak.
Dalam penelitian ini Peneliti menggunakan metode kualitatif dan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenalogis, karena memahami fenomena-fenomena yang terjadi dalam subjek penelitian. dalam prosedur
pengumpulan data Peneliti menggunakan tiga cara yaitu wawancara, observasi partisifatif, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian peneliti diperoleh temuan bahwa penanaman nilai- nilai teladan dan kasih sayang dalam pendidikan anak usia dini secara umum, telah
diakui sebagai faktor penting dalam perkembangan anak usia dini. Keteladanan dari orang dewasa, termasuk guru dan orang tua, dapat membentuk norma-norma dan nilai-nilai yang diterapkan oleh anak-anak. Selain itu, kasih sayang dan perhatian yang diberikan oleh orang dewasa dapat berdampak positif pada perkembangan sosial dan emosional anak khususnya dalam aspek kognitif dan sosial.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Penanaman Nilai Nilaiteladan dan kasih sayang, dampak ,aspek Psikologis dan sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:24
Last Modified: 23 Sep 2025 03:24
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1579

Actions (login required)

View Item
View Item