IMPLEMENTASI PROGRAM KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU JENJANG SEKOLAH DASAR

Zunaidi, Arif (2024) IMPLEMENTASI PROGRAM KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU JENJANG SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130056-ARIF ZUNAIDI-BAB 1.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130056-ARIF ZUNAIDI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130056-ARIF ZUNAIDI-BAB 2-5.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130056-ARIF ZUNAIDI-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130056-ARIF ZUNAIDI-BAB 6.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130056-ARIF ZUNAIDI-BAB 6.pdf

Download (916kB)

Abstract

Guru merupakan garda terdepan dalam pendidikan, karena gurulah yang secara langsung mempengaruhi, membina dan mengembangkan kemampuan peserta didik. Proses belajar menjadi manusia yang cerdas, terampil dan beretika
panjang. Pendidikan merupakan upaya untuk mengubah anak menjadi manusia yang dewasa secara jasmani dan rohani.
Guru yang profesional adalah guru yang mampu mendidik peserta didiknya menjadi generasi kompetitif yang berakhlak mulia. Untuk mencapai pendidikan yang baik, guru harus mampu mempunyai kepribadian yang baik pula. Salah satu upaya yang dapat meningkatkan kompetensi profesional guru dan
mengembangkan ilmunya adalah dengan aktif dalam kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI).
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan menganalisis kejadian dilapangan yaitu: (1) program-program kegiatan KKG PAI, (2) Implementasi KKG PAI dalam meningkatkan profesioanal guru, dan (3) hambatan dan pendukung KKG dalam meningkatkan kinerja guru PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi,
teknik analisis yang digunakandengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibelitas dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan kelompok kerja guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan kinerja sebagai adalah dengan mengadakan pertemuan rutin, Istiqosah pembuatan
media pembelajaran, penyusunan perangkat pembelajaran, penyusunan kisi dan soal ujian sekolah, Musabaqoh tilawatul qur’an, pendampingan guru program induksi guru penggerak dan pelatihan pendidikan guru, seminar, gerakan malang
mengaji (gemma) dan sekolah plus ngaji, (2) Strategi Kelompok kerja guru dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan agama Islam diwujudkan dengan
memberikan bimbingan dalam mengefektifkan pembelajaran, mengadakan bimbingan penyuluhan guna membantu memecahkan permasalahan pembelajaran, serta pelatihan untuk meningkatkan kreatifitas dan skill guru Pendidikan agama
Islam, (3) Kendala Kelompok kerja guru dalam meningkatkan kinerja guru Pendidikan agama Islam adalah minimnya sarana prasarana penunjang pembelajaran PAI, minimnya kemampuan GPAI untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, serta bergantinya kurikulum.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Program KKG PAI dan Profesional Guru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:25
Last Modified: 23 Sep 2025 03:25
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1581

Actions (login required)

View Item
View Item