INTEGRASI NILAI NILAI PEACE EDUCATION DALAM KURIKULUM PESANTREN RAMAH ANAK UNTUK MEMBENTUK KECERDASAN SOSIAL SANTRI DI PESANTREN ASSALAM BANTUR MALANG

ASRORI, FAHRUL (2024) INTEGRASI NILAI NILAI PEACE EDUCATION DALAM KURIKULUM PESANTREN RAMAH ANAK UNTUK MEMBENTUK KECERDASAN SOSIAL SANTRI DI PESANTREN ASSALAM BANTUR MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130067-FAHRUL ASRORI-BAB 1.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130067-FAHRUL ASRORI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130067-FAHRUL ASRORI-BAB 2-5.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130067-FAHRUL ASRORI-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130067-FAHRUL ASRORI-BAB 6.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130067-FAHRUL ASRORI-BAB 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

Konteks penelitian ini adalah adanya program Pesantren ramah anak yang diadakan oleh kementerian pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (PPPA) berkolaborasi dengan kementerian agama. Nilai nilai peace education dianggap penting diimplementasikan karena maraknya kejadian
kekerasan terhadap anak seperti: pelecehan, kekerasan, intimidasi sampai diskriminasi. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti melakukan penelitian di Pesantren yang termasuk lembaga pendidikan. Adapun fokus penelitian ini adalah: adakah nilai nilai peace education dalam kurikulum pesantren ramah di Pesantren assalam bantur malang?
Bagaimana integrasi nilai nilai peace education dalam kurikulum pesantren ramah anak untuk membentuk kecerdasan sosial santri dan teknologi integrasi nilai nilai pecae education dalam kurikulum pesantren ramah anak untuk
membentuk kecerdasan sosial santri di Pesantren assalam bantur malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan adanya nilai nilai peace education dalam kurikulum Pesantren Ramah Anak di Pesantren Assalam
Bantur Malang, adanya integrasi nilai nilai peace education dalam kurikulum Pesantren Ramah Anak untuk membentuk kecerdasan sosial santri dan adanya teknologi dalam integrasi nilai nilai peace education dalam kurikulum
Pesantren Ramah Anak untuk membentuk kecerdasan sosial santri Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan intrumen penelitian meliputi: wawancara, studi dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya nilai nilai peace education berupa
menerima diri sendiri, mengakui kesalahan dan memberi maaf yang diterapkan dalam kuriklum pesantren ramah anak pesantren Assalam Bantur Malang, adanya integrasi nilai nilai peace education berupa menerima diri sendiri,
mengakui kesalahan dan memberi maaf dalam kurikulum pesantren ramah anak dalam kebijakan, program dan kegiatan pesantren Assalam Bantur Malang dan pengadaan teknologi atau sarana prasarana dan fasilitas dalam kurikulum pesantren ramah anak untuk membentuk kecerdasan sosial santri
dengan memenuhi aspek kenyamanan, kemudahan, keamanan, keselamatan dan kesehatan santri.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Nilai Nilai Peace Education, Pesantren Ramah Anak, Kecerdasan Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:25
Last Modified: 23 Sep 2025 03:25
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1582

Actions (login required)

View Item
View Item