Husniyah, Lilik (2024) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130055-LILIK HUSNIA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130055-LILIK HUSNIA-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130055-LILIK HUSNIA-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130055-LILIK HUSNIA-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130055-LILIK HUSNIA-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130055-LILIK HUSNIA-BAB 6.pdf
Download (1MB)
Abstract
Peneltian ini dilaksanakan karena banyaknya warga madrasah yang masih belum semuanya memahami tentang implementasi PAI dalam Pembentukan profil pelajar Rahmatan lil Alamin berdasarkan apa yang terjadi di lapangan. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara menyusun perencanaan implementasi pendidikan agama Islam rahmatan lil alamin. Dan bertujuan untuk mengetahui hal-hal apa saja yang merupakan hasil dari implementasi pendidikan agama Islam dalam pembentukan profil pelajar rahmatan lil alamin.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif dengan pendekatan penelitian kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Adapun triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber data dan triangulasi metode.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasil dan rahmatan lil alamin (P5PPRA) di MI. Mambaul Ulum ada :Perencaan projek yakni dengan membentuk tim fasilitator sesuai dengan kebutuhan projek, menilai kesiapan satuan pendidikan, memilih tema, dimensi dan jadwal projek, serta penyusunan
modul projek, pelaksanaan kegiatan projek dengan tahap pelaksanaan pengenalan, kontekstualisasi, aksi, refleksi dan tindak lanjut., evaluasi P5PPRA MI. Mambaul Ulum
dilaksanakan sesuai pada penilaian yang dipakai oleh guru fasilitator yakni penilaian unjuk kerja, penilaian hasil produk dan penilaian kemampuan dan sikap baik melalui tertulis maupun pengamatan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Pendidikan Agama Islam, Profil Pelajar Rahmatan Lil Alamin |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:31 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:31 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1593 |