Makkinuddin, Makkinuddin (2024) PENDIDIKAN PERDAMAIAN DALAM PEMBELAJARAN ALQURAN DI MADRASAH (STUDI KASUS DI MTSN KOTA BATU). Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130018-MAKKINUDDIN-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130018-MAKKINUDDIN-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130018-MAKKINUDDIN-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130018-MAKKINUDDIN-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130018-MAKKINUDDIN-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130018-MAKKINUDDIN-BAB 6.pdf
Download (990kB)
Abstract
Penelititan ini berangkat dari persoalan pendidikan perdamaian dalam pembelajaran Al-Qur’an. Pendidikan di kalangan umat Islam juga berkutat dengan persoalan ketidaksiapan berkompetisi menghadapi era modern dan kemajuan zaman. Tujuan dari penelitian adalah untuk menguraikan pendidikan perdamaian dalam pembelajaran Al-Qur’an di MTSN Kota Batu, bentuk implementasinya,
hingga integrasinya. Adapun Fokus Penelitiannya adalah sebagai berikut : 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran al Quran di MTs Negeri Kota Batu. 2) Bagaimana pembelajaran al Quran tersebut dalam pendidikan perdamaian di MTs Negeri Kota Batu. 3) Apa kendala dan pendukung pembelajaran al Quran dalam pendidikan perdamaian di MTs Negeri Kota Batu.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, yaitu penelitian yang memaksimalkan informan sebagai subjek penelitian. Jenis penelitian yang digunakan masuk ke dalam kategori field research dimana peneliti turun langsung
ke lapangan untuk mengetahui proses pendidikan perdamaian dalam pembelajaran Al-Qur’an di MTSN Batu. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sementara teknik triangulasi digunakan untuk mengecek keabsahan data.
Hasil penelitian yang ada menunjukkan: Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa: Nilai-nilai perdamaian yang diajarkan di MTSN Kota Batu meliputi toleransi, saling menghormati, dan menyelesaikan konflik dengan
cara damai. Metode dan strategi yang digunakan dalam pembelajaran Al-Qur'an untuk menanamkan nilai-nilai perdamaian di MTs Negeri Kota Batu cukup
beragam, seperti ceramah, diskusi, dan bermain peran. Implementasi pendidikan perdamaian dalam pembelajaran Al-Qur'an di MTs Negeri Kota Batu menunjukkan
dampak positif terhadap sikap dan perilaku peserta didik, seperti menjadi lebih toleran, saling menghormati, dan menyelesaikan konflik dengan cara damai
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Perdamaian, Pembelajaran, Madrasah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:31 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:31 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1595 |