Muchayin, Masluch (2024) IMPLEMENTASI NILAI NILAI PEACE EDUCATION DI PONDOK PESANTREN MODERN AL RIFAIE 1. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130010-MASLUCH MUCHAYIN-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130010-MASLUCH MUCHAYIN-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130010-MASLUCH MUCHAYIN-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130010-MASLUCH MUCHAYIN-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130010-MASLUCH MUCHAYIN-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130010-MASLUCH MUCHAYIN-BAB 6.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tesis ini mengkaji tentang implementasi nilai nilai peace education melalui metode Bahtsul Masail di Pondok Pesantren al rifaie 1. Fokus penelitian adalah implementasi nilai nilai peace education di pesantren di Pondok Pesantren Al
Rifaie 1, Dampak LM2DA (Lajnah Musyawaroh Madrasah Diniyah Al Rifaie 1 ) terhadap peace education di Pondok Pesantren Al-Rifaie 1, serta faktor-faktor yang mempengaruhi efektivitas LM2DA (Lajnah Musyawaroh Madrasah Diniyah Al
Rifaie 1 ) dalam meningkatkan peace education di Pondok Pesantren Al-Rifaie 1. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi bagaimana implemetasi nilai nilai peace eduaction dan LM2DA (Lajnah Musyawaroh Madrasah Diniyah Al Rifaie 1 ) dalam meningkatkan peace education di Pondok Pesantren Al-Rifaie 1.. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang bersifat deskriptif
kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini terbagi menjadi dua, yaitu data primer (data utama) dan data sekunder. Sumber data ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yaitu dengan menunjuk langsung informan yang dapat
memberikan informasi yang valid dan akurat mengenai topik yang diteliti. Sedangkan metode pengumpulan data atau instrumen penelitian menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi
Pendidikan perdamaian (peace education) di pondok pesantren al rifaie 1 ini memiliki dampak yang signifikan dalam membentuk karakter santri yang toleran dan inklusif. Melalui metode LM2DA ( Lajnah Musyawarah Madrasaha Diniyah
Alrifaie 1 ), pesantren mampu mengembangkan pemikiran kritis dan analitis santri. Proses ini memungkinkan santri untuk belajar menyelesaikan konflik melalui diskusi dan negosiasi, menciptakan lingkungan belajar yang kondusif untuk
pengembangan nilai-nilai perdamaian.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LM2DA (Lajnah Musyawaroh Madrasah Diniyah), Peace Education , Pondok Pesantren |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:32 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:32 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1596 |