PENANAMAN NILAI WASATHIYAH MELALUI PROGRAM TAKHASSUS FIKIH KEBANGSAAN DI MA’HAD ALY PONDOK PESANTREN LIRBOYO

Khoir, Miftakhul (2024) PENANAMAN NILAI WASATHIYAH MELALUI PROGRAM TAKHASSUS FIKIH KEBANGSAAN DI MA’HAD ALY PONDOK PESANTREN LIRBOYO. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130021-MIFTAKHUL KHOIR-BAB 1.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130021-MIFTAKHUL KHOIR-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130021-MIFTAKHUL KHOIR-BAB 2-5.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130021-MIFTAKHUL KHOIR-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130021-MIFTAKHUL KHOIR-BAB 6.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130021-MIFTAKHUL KHOIR-BAB 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan Islam merupakan landasan utama dalam membentuk karakter umat Islam, tidak hanya mengajarkan aspek agama, tetapi juga moral dan etika. Nilai-nilai wasathiyah yang menekankan keseimbangan, toleransi dan menghargai
keberagaman menjadi landasan penting dalam pembentukan karakter inklusif dalam pendidikan Islam. Program Takhassus Fikih Kebangsaan hadir sebagai upaya mencetak santri yang mampu menerapkan pemahaman fikih dalam konteks
kebangsaan, sekaligus memperkuat akan keberagaman dan kebangsaan dalam kehidupan. Fokus dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Upaya penanaman nilai wasathiyah melalui program Takhassus Fikih Kebangsaan di Ma’had Aly
Pondok Pesantren Lirboyo. (2) Bagaimana Gambaran Pelaksanaan Program Takhassus Fikih Kebangsaan di Ma’had Aly Lirboyo. (3) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat penanaman nilai Pemahaman Fikih Kebangsaan di Ma’had Aly Lirboyo.
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak Program Takhassus Fikih Kebangsaan dalam mengintegrasikan dan mempromosikan pemahaman serta praktik nilai-nilai wasathiyah. Melalui analisis mendalam, penelitian ini akan
mengevaluasi sejauh mana program tersebut berhasil dalam membentuk pemahaman yang kuat tentang nilai-nilai wasathiyah serta mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari mahasantri, dengan tujuan memperkukuh identitas
Islam yang moderat dan inklusif dalam kehidupan berbangsa dan beragama. Penelitian ini mengadopsi pendekatan fenomenologi kualitatif, dengan subjek penelitian yang berfokus pada Ma’had Aly di Pondok Pesantren Lirboyo,
Kota Kediri. Metode penelitian melibatkan observasi dan wawancara langsung dengan berbagai pihak, seperti Pengurus, Mustahiq, Alumni, dan Santri. Pendekatan ini berfokus pada pengalaman alami subjek penelitian untuk memahami
lebih mendalam terhadap penerapan nilai-nilai wasathiyah melalui Program Takhassus Fikih Kebangsaan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tersebut berperan penting dalam memperkuat pemahaman dan praktik nilai-nilai Wasathiyah di kalangan mahasantri, serta mendorong penerapan praktis dalam kehidupan sehari-hari dan lingkungan sosial Wasathiyah. Implikasi temuan ini menegaskan pentingnya
pendekatan inklusif dalam pendidikan Islam untuk membentuk santri yang berpegang pada nilai-nilai dalam menghadapi tantangan modern.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Nilai-nilai Wasathiyah, Program Takhassus Fiqh Kebangsaan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:33
Last Modified: 23 Sep 2025 03:33
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1598

Actions (login required)

View Item
View Item