Zainuri, Moh (2024) PEMBENTUKAN KARAKTER KEAGAMAAN SISWA MELALUI PROGAM MADRASAH DINIYAH UNTUK MEWUJUDKAN AKHLAKUL KARIMAH DI SMP BAHRUL MAGHFIROH MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130002-MOH.ZAINURI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130002-MOH.ZAINURI-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130002-MOH.ZAINURI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130002-MOH.ZAINURI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130002-MOH.ZAINURI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130002-MOH.ZAINURI-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisisnya akhlak baik yang dapat merusak karakter siswa saat ini sering dijumpai di sekitar kita, untuk itu perlu segera dilakukan penanganan dan cara untuk menghentikan krisis akhlak. Sebagai
solusinya pemerintah mencetuskan adanya pendidikan karakter yang diterapkan di sekolah. Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang menanamkan dan mengembangkan nilai-nilai luhur kepada siswa, sehingga mereka menerapkan karakter luhur, menerapkan dan mempraktikkannya dalam kehidupannya. Salah satu karakter yang dimunculkan ialah karakter keagamaan. Seperti di SMP Bahrul Maghfiroh Malang, pembentukan karakter keagamaan dilakukan melalui program
madrasah diniyah. Penelitian ini difokuskan pada progam madrasah diniyah dalam pembentukan karakter akhlakul karimah ,nilai yang dikembangkan dan faktor pendukung dan penghambatnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
pembentukan karakter keagamaan siswa melalui program madrasah dinyah, nilai yang dikembangkan dan proses pembentukan karakternya, serta faktor pendukung
dan penghambat upaya pembentukan karakter keagamaan Siswa melalui program madrasah diniyah untuk mewujudkan akhlakul karimah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus, pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian diseleksi dan dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Untuk mengetahui keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik, dan waktu.
Hasil penelitian di SMP Bahrul Maghfiroh Malang ialah 1) Progam Madrasah Diniyah dalam pembentukan karakter keagamaan di SMP Bahrul Maghfiroh Malang yaitu, dengan melaksanakan sholat dhuha dan dhuhur berjamaah di Aula, istighosah dan khotmil al-Qur‟an, menerapkan senyum, salam,
sapa Guru berjalan, mengisi buku monitoring keagamaan, melakukan amal Jumat dan sedekah, kegiatan kerja bakti di sekolah dan kerapian dalam berseragam, menerapkan do‟a sebelum dan sesudah pelajaran serta hafalan do‟a sehari-hari
dan surat pendek. 2) Nilai karakter yang dikembangkan ialah taqwa, sopan santun, jujur, ikhlas, kebersihan dan kerapian, berdo‟a dan itu melalui pembelajaran, keteladanan, dan pembiasaan 3) Faktor pendukung dan penghambat upaya
pembentukan karakter melalui program madrasah diniyah yaitu, a) faktor pendukung yaitu lingkungan sekolah, walimurid, dan lingkungan masyarakat b) faktor penghambat yaitu sarana prasarana, serta kemajuan ilmu pengetahuan dan
teknologi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Karakter Keagamaan, Madrasah Diniyah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:34 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:34 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1600 |