STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGUATKAN MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MI IMAMI KEPANJEN MALANG

Arif, Mohammad Sultonil (2024) STRATEGI GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MENGUATKAN MODERASI BERAGAMA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DI MI IMAMI KEPANJEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130023-MOHAMMAD SULTONIL ARIF-BAB 1.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130023-MOHAMMAD SULTONIL ARIF-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130023-MOHAMMAD SULTONIL ARIF-BAB 2-5.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130023-MOHAMMAD SULTONIL ARIF-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130023-MOHAMMAD SULTONIL ARIF-BAB 6.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130023-MOHAMMAD SULTONIL ARIF-BAB 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam menyikapi peraturan Permendikbud yang baru, Kementerian Agama RI berupaya untuk mengembangkan kurikulum Merdeka yang sedikit membedakan antara sekolah umum dengan sekolah/madrasah di bawah naungan Kementerian Agama. Pengembangan yang dilakukan adalah dengan menambahkan nilai-nilai Islam Rahmatann Lill'alamin dalam Profill Pelajar Pancasilan. Berdasarkan konteks penelitian tersebut, penelitian ini menghasilkan rumusan masalah sebagai berikut : 1. Bagaimana nilai nilai moderasi beragama yang diterapkan pada peserta didik di MI IMAMI Kepanjen 2. Bagaimana strategi guru Akidah Akhlak dalam memperkuat moderasi beragama melalui pembelajaran berbasis proyek penguatan
pelajar rahmatan lil'alamin di MI IMAMI Kepanjen 3. Apa faktor yang menghambat guru strategi Akidah Akhlak dalam memperkuat moderasi beragama. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu sebuah prosedur
penelitian yang hasilnya berupa deskripsi data- data tulisan maupun lisan dari beberapa orang ataupun perilaku yang diamati. Data yang diperoleh meliputi transkrip, dokumen wawancara, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi, dan lain
lain. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah Studi kasus. Adapun tujuan dari penelitian studi kasus ini yaitu untuk mendeskripsikan atau menggambarkan suatu
fakta-fakta informasi yang terdapat dilapangan secara sistematis, rinci dan akurat dengan memotret langsung peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat meneliti
tentang Strategi Guru Akidah Akhlak dalam Menguatkan Moderasi Beragama 1.Strategi guru Akidah Akhlak dalam memperkuat moderasi beragama melalui pembelajaran berbasis proyek penguatan penguatan pelajar rahmatan lil'alamin di
MI IMAMI Kepanjen, yaitu berupa kesiapan guru akidah akhlak itu sendiri, yang meliputi administrasi pembelajaran, seperti RPP, Silabus, agenda pembelajaran, absensi siswa, dan sistem penilaian. Namun kendala yang ada salah satunya tidak semua guru mengerjakan persiapan itu, begitu juga dengan ketrampilan berkomunikasi masih ada beberapa siswa yang mengalami hambatan yaitu berupa rasa gugup atau kurang percaya diri. 2. Berdasarkan paparan data penelitian dapat
disimpulkan bahwa Nilai - Nilai Moderasi Beragama Yang Diterapkan Pada Peserta Didik di MI IMAMI Kepanjen seorang guru harus menjadi teladan yang baik bagi para peserta didik, bisa menjadi seorang guru yang bijaksana, namun tidak semua guru bisa seperti itu , masih ada beberapa guru dalam menyelasaikan masalah di kelas kurang begitu memperhatikan karakteristik setiap masalah 3. Berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi, diperoleh data tentang faktor yang menghambat Strategi Guru Akidah Akhlak di MI IMAMI Kepanjen yaitu kemampuan guru dalam merencanakan, melaksanakan, dan menyiarkan Pembelajaran masih kurang dan yang paling penting adalah pengaruh kurikulum
dan materi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Akidah Akhlak Dalam Menguatkan Moderasi Beragama Dalam menyikapi peraturan Permendikbud yang baru,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:35
Last Modified: 23 Sep 2025 03:35
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1603

Actions (login required)

View Item
View Item