Yahya, Mokhamad (2024) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI SMP ISLAM KEPANJEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130001-MUH. YAHYA-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130001-MUH. YAHYA-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130001-MUH. YAHYA-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130001-MUH. YAHYA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130001-MUH. YAHYA-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130001-MUH. YAHYA-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tesis ini mengeksplorasi Teori kepemimpinan kepala sekolah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi yang diterapkan dalam lembaga pendidikan, seperti sekolah atau madrasah. Penelitian ini melihat bahwa kepemimpinan yang ideal harus mampu memenuhi esensi dan fungsi
kepemimpinan, yaitu mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan tertentu. Kepemimpinan kepala sekolah otoriter, yang dicirikan dengan pemaksaan kebijakan tanpa mendengarkan aspirasi anggota, dianggap dapat diterapkan dalam
lingkungan pendidikan untuk meningkatkan kualitas institusi.Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang otoriter dalam lingkungan sekolah memerlukan penyesuaian agar dapat diterapkan secara efektif
tanpa mengorbankan aspek-aspek penting dalam pendidikan seperti kreativitas, partisipasi aktif, dan kesejahteraan psikologis siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan analisis induktif terhadap dinamika hubungan fenomena yang diamati. Data diperoleh
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi, menghasilkan temuan sebagai berikut: 1.Persepsi masyarakat sekitar, warga sekolah, Yayasan terkait sebagai berikut a.Tokoh dan warga sekitar sekolah menyatakan bahwa kepemimpinan
kepala sekolah yang otoriter dapat menciptakan lingkungan yang tidak kondusif bagi perkembangan siswa, mengurangi minat siswa untuk bergabung, dan berdampak negatif pada prestasi akademik serta kesejahteraan mental
siswa.b.Dewan guru mengungkapkan bahwa pendekatan kepala sekolah yang otoriter merusak citra positif sekolah di mata masyarakat, menciptakan suasana tegang yang menghambat ekspresi kreativitas dan inovasi, serta mengganggu
kesejahteraan psikologis siswa dan staf.c. Yayasan Hasim As’ariy, yang memiliki otoritas kuat, menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang otoriter
dapat menyebabkan suasana tidak kondusif dan berpotensi mengurangi minat siswa untuk bergabung, dengan kemungkinan terburuk yaitu penutupan sekolah. 2. Persepsi Siswa yang Aktif dan siswa alumni sebagai berikut: a.Siswa aktif
mengeluhkan keterbatasan ruang ekspresi, ketidaknyamanan belajar, kurangnya penghargaan terhadap mereka, yang semuanya merupakan tantangan dalam menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan mendukung.b. Alumni
menyatakan bahwa kepemimpinan kepala sekolah yang otoriter menyebabkan kurangnya rasa kepemilikan terhadap sekolah, berdampak pada rendahnya motivasi untuk mempromosikan sekolah setelah lulus. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa meskipun kepemimpinan otoriter dapat diterapkan untuk meningkatkan kualitas institusi, pendekatan ini
seringkali menciptakan lingkungan yang tidak kondusif bagi perkembangan belajar mengajar di Lembaga tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Persepsi masyarakat terhadap kepemimpinan kepala sekolah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:36 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:36 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1604 |