STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI NILAI PENDIDIKAN PERDAMAIAN DI MTs. AL MUSLIHUUN TLOGO BLITAR

Afif, Muhamad (2024) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN NILAI NILAI PENDIDIKAN PERDAMAIAN DI MTs. AL MUSLIHUUN TLOGO BLITAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130072-MUHAMAD AFIF-BAB 1.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130072-MUHAMAD AFIF-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130072-MUHAMAD AFIF-BAB 2-5.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130072-MUHAMAD AFIF-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130072-MUHAMAD AFIF-BAB 6.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130072-MUHAMAD AFIF-BAB 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dewasa ini moralitas pelajar sudah menjadi problem nasional. Mereka mudah terpengaruh budaya asing, mudah terprovokasi, intoleran, dan pergaulan bebas. Menumbuhkan budaya perdamaian menjadi salah satu cara dalam mewujudkan rasa perdamaian di MTs. Al Muslihuun Tlogo Kanigoro Blitar.
Berdasarkan konteks tersebut, focus penelitian kami adalah 1) Bagaimana konsep pendidikan perdamaian di MTs. Al Muslihuun Tlogo, 2) Apa saja nilai nilai pendidikan perdamaian yang ditanamkan kepada siswa di MTs. Al
Muslihuun 3) Apa saja upaya yang dilakukan kepala madrasah dalam mengimplementasikan nilai nilai pendidikan perdamaian di MTs. Al Muslihuun T Sasaran yang ingin dicapai atau tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan serta menganalisis konsep pendidikan damai di MTs. Al
Muslihuun, 2) Menganalisis dan menemukan nilai-nilai pendidikan perdamaian yang ditanamkan kepada peserta didik, dan 3). Mendeskripsikan upaya kepala madasah dalam
mengimplementasi penanaman nilai-nilai pendidikan
perdamaian.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus (case study). Teknik pengumpulan data dengan cara: 1) observasi lapangan; 2) wawancara; 3) dokumentasi. Teknik analisis penelitian ini dengan: 1) reduksi data; 2) penyajian data; serta 3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) MTs. Al Muslihuun Tlogo adalah lembaga pendidikan berpaham aqidah Aswaja. Pendidikan damai (peace education)
diimplementasikan melalui penerapan nilai-nilai Aswaja yang mengajarkan tawassuth (sikap tengah-tengah), tawazun (seimbang), dan tasamuh (toleransi). 2) Nilai-nilai pendidikan perdamaian di MTs. Al Muslihuun adalah a) Larangan berbuat zalim, b) Kesetaraan derajat dalam menciptakan keharmonisan, c)Menjunjung tinggi prinsip keadilan, d) Hidup rukun dan saling tolong menolong,
e) Nilai toleransi f) Solidaritas sosial, g) Budaya memaafkan. 3) Upaya kepala madasah dalam mengimplementasi nilai-nilai pendidikan perdamaian di MTs. Al
Muslihuun adalah dengan cara mengintegrasikan dalam materi pelajaran. Upaya lainnya juga dengan menciptakan agen-agen perdamaian, dalam hal ini, guru menjadi role model, penyampai materi dan orang yang mampu mengevaluasi
peserta didik, agar mampu mencapai tujuan pendidikan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan damai, nilai-nilai pendidikan perdamaian, Ahlussunnah wal jama’ah, dan kepala madasah
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:37
Last Modified: 23 Sep 2025 03:37
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1606

Actions (login required)

View Item
View Item