CHOTIMAH, SITI CHUSNUL (2024) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD NEGERI 2 JAMBANGAN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130060-SITI CHUSNUL CHOTIMAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130060-SITI CHUSNUL CHOTIMAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130060-SITI CHUSNUL CHOTIMAH-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130060-SITI CHUSNUL CHOTIMAH-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130060-SITI CHUSNUL CHOTIMAH-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130060-SITI CHUSNUL CHOTIMAH-BAB 6.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya kurangnya motivasi siswa dalam belajar Pendidikan Agama Islam yang di dalamnya terdapat banyak sekali bacaan bacaan Al-Quran dan Hadist, serta keinginan lembaga Sekolah Dasar Negeri 2
Jambangan Kecamatan Dampit menjadi sekolah negeri yang bernafaskan pondok, sehingga pada lembaga tersebut memberikan pembelajaran Bahasa Arab yang menjadi ciri khasnya. Fokus penelitian ini adalah yang pertama apa yang dimaksud dengan Bahasa Arab? yang kedua bagaimana cara mengimplementasikan pembelajaran Bahasa
Arab ? dan yang ketiga apa kendala dan pendukung dari implementasi pembelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan motivasi siswa belajar pendidikan agama islam?
Penelitian ini bertujuan untuk: (a) untuk mendeskripsikan apa yang dimaksud dengan Bahasa Arab, (b) untuk mendeskripsikan bagaimana cara mengimplementasikan pembelajaran Bahasa Arab, (c) dan untuk mendeskripsikan
apa kendala dan pendukung dari implementasi pembelajaran Bahasa Arab dalam meningkatkan motivasi siswa belajar pendidikan agama islam. Dalam hal ini metode penelitian yang digunakan adalah metode pendekatan deskriptif kualitatif. Dengan menarik kesimpulan secara deskriptif. Dalam
pengolahan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data di analisis dengan cara, kondensasi data, memaparkan data,
dan menarik kesimpulan. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi data. Selanjutnya dijelaskan bahwa triangulasi data adalah pengecekan keabsahan data dari berbagai sumber, berbagai cara, dan
berbagai waktu. Triangulasi data sendiri terbagi menjadi tiga diantaranya yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik pengumpulan data, dan waktu. Hasil penelitian yang peneliti peroleh adalah bahwa implementasi pembelajaran Bahasa Arab yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 2
Jambangan Kecamatan Dampit Kabupaten Malang sangat berperan penting dalam menunjang proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Implementasi pembelajran Bahasa Arab dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pelajaran pendidikan agama islam sudah berkembang dengan baik, hal ini bisa tercipta karena adanya implementasi belajar Bahasa Arab yang diterapkan di lembaga tersebut.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran, Bahasa Arab, Motivasi, Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:41 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:41 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1614 |