INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM RAHMATAN LIL’ALAMIN MELALUI KEGIATAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SD NEGERI 1 CURUNGREJO KABUPATEN MALANG

Alwi, Soffan (2024) INTERNALISASI NILAI-NILAI ISLAM RAHMATAN LIL’ALAMIN MELALUI KEGIATAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) DI SD NEGERI 1 CURUNGREJO KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130014-SOFFAN ALWI-BAB 1.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130014-SOFFAN ALWI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130014-SOFFAN ALWI-BAB 2-5.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130014-SOFFAN ALWI-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130014-SOFFAN ALWI-BAB 6.pdf] Text
TESIS-MAGISTER PAI-22186130014-SOFFAN ALWI-BAB 6.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pudarnya karakter peserta didik di SD Negeri 1 Curungrejo kabupaten Malang yang tidak sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan nilai-nilai Islam yang rahmatan lil’alamin. Melalui program
proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) pada kurikulum Merdeka, guru pendidikan agama Islam SD Negeri 1 Curungrejo kabupaten Malang mencoba melaksanakan internalisasi nilai-nilai Islam rahmatan lil’alamin yang meliputi berakhlak mulia, toleransi, kasih sayang, tolong menolong, dan peduli terhadap lingkungan kepada peserta didik. Oleh sebab itu, peneliti merasa penelitian
tentang bagaimana proses kegiatan P5 dan pelaksanaan internalisasi nilai Islam rahmatan lil’alamin, serta faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan kegiatan tersebut dirasa sangat penting, dikarenakan sebagai
tenaga pendidik ingin mengetahui secara mendalam bagaimana
mengintegrasikan kegiatan P5 dengan pelaksanaan internalisasi nilai Islam rahmatan lil’alamin kepada peserta didik. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan proses kegiatan proyek penguatan profil pancasila (P5), pelaksanaan internalisasi
nilai-nilai Islam rahmatan lil’alamin, serta faktor pendukung dan penghambat pada pelaksanaan kegiatan tersebut di SD Negeri 1 Curungrejo kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat
deskriptif, karena bertujuan untuk mendeskripsikan hasil analisis dari fenomena-fenomena yang diamati selama proses penelitian berlangsung. Adapun teknik pengumpulan datanya meliputi, observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri 1
Curungrejo kabupaten Malang. Dari hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti menunjukkan bahwa
pelaksanaan internalisasi nilai-nilai Islam rahmatan lil’alamin melalui kegiatan proyek penguatan profil pelajar pancasila (P5) cukup efektif dan efisien. Karena prinsip-prinsip pelaksanaan P5 selaras dengan prinsip yang ada dalam
profil pelajar rahmatan lil’alamin. Kegiatan tersebut juga memberikan kontribusi yang cukup besar pagi perubahan positif pada sikap dan karakter peserta didik. Hal tersebut dapat terlihat pada peningkatan kesadaran sosial
peserta didik, pengembangan kerjasama antar pemeluk agama, dan kurangnya kasus bullying yang ada di SD Negeri 1 Curungrejo kabupaten Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Internalisasi, Nilai Islam Rahmatan Lil’alamin, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 23 Sep 2025 03:41
Last Modified: 23 Sep 2025 03:41
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1616

Actions (login required)

View Item
View Item