Abshor, Ulil (2024) UPAYA PENANAMAN NILAI MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH TINGGI ILMU TARBIYAH AL MUSLIHUUN TLOGO BLITAR. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130015-ULIL ABSHOR-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130015-ULIL ABSHOR-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130015-ULIL ABSHOR-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130015-ULIL ABSHOR-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-22186130015-ULIL ABSHOR-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-22186130015-ULIL ABSHOR-BAB 6.pdf
Download (1MB)
Abstract
Tesis ini mengkaji tentang upaya penanaman moderasi beragama di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Muslihuun Tlogo Blitar. Moderasi beragama menjadi penting dalam menghadapi perbedaan keyakinan dan membangun kerukunan antarumat beragama di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis
strategi dan metode yang digunakan dalam penanaman moderasi beragama di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Muslihuun Tlogo Blitar, serta dampaknya terhadap sikap dan perilaku peserta didik. Fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya penanaman nilai moderasi beragama di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Muslihuun Tlogo Blitar, apa nilai-nilai moderasi beragama yang ditanamkan dan apa dampak yang
didapatkan dari penanaman nilai-nilai moderasi beragama yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tentang: (1) Upaya penanaman nilai moderasi beragama di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Al Muslihuun Tlogo
Blitar, (2) Apa nilai-nilai moderasi beragama yang ditanamkan, (3) Apa dampak yang didapatkan dari penanaman nilai-nilai moderasi beragama yang dilakukan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data,
penarikan kesimpulan atau verifikasi. Pengecekan keabsahan dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, trianggulasi, dan diskusi teman sejawat. Hasil yang diperolah dari penelitian ini bahwa: (1) Upaya penanaman nilai
nilai moderasi beragama yang dilakukan adalah melalui Integrasi Nilai-Nilai Moderasi dalam Kurikulum dan Materi Perkuliahan, pengembangan kulikulum moderat, studi kasus dan contoh nyata, diskusi dan dialog interaktif, kajian kitab
turots seminar atau lokakarya. (2) nilai moderasi yang ditanamkan adalah: menangkal radikalisme, kerukunan beragama, akomodatif terhadap budaya lokal,
komitmen kebangsaan dan anti kekerasan. (3) dampak dari penanaman nilai moderasi yang dilakukan adalah: meningkatkan pemahaman agama yang moderat, mendorong toleransi dan kerukunan antar umat beragama, serta membentuk karakter yang moderat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Upaya Penanaman, Nilai Moderasi Beragama |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:44 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:44 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1622 |