Yasin, Yasin (2024) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROYEK DALAM MEMBENTUK KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB PADA SISWA MTS MAMBAUL HUDA BANJARSARI NGAJUM. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-221860130007-YASIN-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-221860130007-YASIN-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-221860130007-YASIN-BAB 2-5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-221860130007-YASIN-BAB 2-5.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
![[thumbnail of TESIS-MAGISTER PAI-221860130007-YASIN-BAB 6.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
TESIS-MAGISTER PAI-221860130007-YASIN-BAB 6.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh krisisnya moral yang dapat merusak karakter siswa yang sering dijumpai di sekitar kita. Untuk mengatasi hal ini, pemerintah mencetuskan pendidikan karakter yang diterapkan di Madrasah. Salah
satu karakter yang ditekankan adalah karakter disiplin dan tanggung jawab. Pembentukan karakter ini dilakukan melalui kegiatan pembelajaran, seperti yang dilakukan di MTs Mambaul Huda Banjarsari Ngajum Malang dengan menggunakan metode pembelajaran proyek. Penelitian ini difokuskan pada Implementasi Model Pembelajaran proyek dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab, serta kendala yang
mungkin dihadapi dan cara mengatasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan
studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Hasil penelitian di MTs Mambaul Huda Banjarsari Ngajum mencakup upaya pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa, proses pembentukan karakter melalui pembelajaran proyek, serta faktor pendukung dan
penghambat dalam pembentukan karakter disiplin dan tanggung jawab. Faktor pendukung meliputi lingkungan Madrasah, walimurid, dan lingkungan masyarakat, sedangkan faktor penghambat meliputi sarana prasarana, waktu, dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam pengembangan pendidikan karakter, khususnya dalam pembelajaran proyek. Dengan pemahaman
yang lebih baik tentang Implementasi Model Pembelajaran proyek dalam membentuk karakter disiplin dan tanggung jawab, dapat diambil langkah-langkah yang efektif untuk meningkatkan pembentukan karakter siswa di Madrasah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi Model Pembelajaran Proyek, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Pascasarjana |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 23 Sep 2025 03:44 |
Last Modified: | 23 Sep 2025 03:44 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1624 |