IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMAHAMAN SANTRI PADA KITAB SAFINATUSSHOLAH DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SHIROTHUL FUQOHA’, SEPANJANG, GONDANGLEGI, MALANG

Sholeh, Abdurrohman (2024) IMPLEMENTASI METODE SOROGAN DALAM PEMAHAMAN SANTRI PADA KITAB SAFINATUSSHOLAH DI PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SHIROTHUL FUQOHA’, SEPANJANG, GONDANGLEGI, MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081126-ABDURROHMAN SHOLEH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081126-ABDURROHMAN SHOLEH-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081126-ABDURROHMAN SHOLEH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081126-ABDURROHMAN SHOLEH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081126-ABDURROHMAN SHOLEH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081126-ABDURROHMAN SHOLEH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi metode Sorogan dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap kitab Safinatussholah di Pondok Pesantren Salafiyah Shirothul Fuqoha’, Sepanjang, Gondanglegi, Malang. Metode
Sorogan merupakan metode pembelajaran tradisional di pesantren yang melibatkan interaksi langsung antara guru (kyai) dan santri. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode Sorogan diterapkan melalui proses pembacaan teks kitab oleh santri di hadapan kyai, yang kemudian memberikan koreksi, penjelasan, dan interpretasi terhadap teks tersebut. Interaksi personal antara kyai dan santri serta pengulangan pembacaan menjadi kunci efektivitas metode ini. Tingkat pemahaman santri terhadap kitab Safinatussholah mengalami peningkatan signifikan, yang terlihat dari hasil angket dan observasi
selama proses pembelajaran Fokus Penelitian ini adalah: (1) Bagaimana implementasi metode soorgan
dalam mengembangkan pemahaman peserta didik pada kitab safinatussholah di Pondok Pesantren Salafiyah Shirothul Fuqoha’? (2) Bagaimana pemahaman peserta
didik dengan menggunakan metode sorogan dalam memahami kitab
safinatussholah di Pondok Pesantren Salafiyah Shirothul Fuqoha’? (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat metode sorogan dalam memahami kitab safinatussholah di Pondok Pesantren Salafiyah Shirothul Fuqoha’? Penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Sorogan efektif dalam meningkatkan pemahaman santri terhadap kitab Safinatussholah. Rekomendasi
diberikan untuk meningkatkan kapasitas pengajar, mengembangkan modul pembelajaran tambahan, dan menyediakan fasilitas yang mendukung proses belajar mengajar. Temuan penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan bagi pesantren
lain dalam menerapkan metode Sorogan serta memberikan kontribusi pada pengembangan metode pembelajaran kitab kuning di pesantren.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Metode Sorogan, Pemahaman Santri, Kitab Safinatussholah
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:55
Last Modified: 24 Sep 2025 06:55
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1700

Actions (login required)

View Item
View Item