Nasution, Achmad Zulfikar Abdillah (2025) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAM GAME TOURNAMENT (TGT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GONDANGLEGI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081049-ACHMAD ZULFIKAR ABDILLAH NASUTION-1-31.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081049-ACHMAD ZULFIKAR ABDILLAH NASUTION-1-31.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081049-ACHMAD ZULFIKAR ABDILLAH NASUTION-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081049-ACHMAD ZULFIKAR ABDILLAH NASUTION-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081049-ACHMAD ZULFIKAR ABDILLAH NASUTION-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081049-ACHMAD ZULFIKAR ABDILLAH NASUTION-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII SMP Negeri 2 Gondanglegi. Banyak faktor yang peneliti temui dalam proses pembelajaran yang mempengaruhi aktifitas dan hasil belajar. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti menerapkan metode Team Game Tournament agar aktivitas dan hasil belajar peserta didik meningkat. Adapun rumusan maslah penelitian ini adalah (1)
Bagaimana penerapan model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) dalam pembelajaran Pendidikan Agama islam kelas VII di SMP Negeri 2 Gondanglegi (2) Bagaimana efektifitas model pembelajaran Team Games Tournamet (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam di SMP Negeri 2
Gondanglegi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Kuantitatif Jenis penelitian digunakan peneliti pada penelitian ini adalah true eksperimen. Dimana
ciri utama dari penelitian adalah sampel yang digunakan untuk eksperimen maupun sebagai kelompok kontrol diambil secara random dari populasi tertentu. Sehingga akan ada satu kelas eksperimen yang merupakan kelas yang akan
diberikan perlakuan dan satu kelas kontrol yang merupakan kelas yang tidak diberikan perlakuan. Kelas eksperimen akan diberikan perlakuan berupa penerapan metode pembelajaran teams games tournament pada saat proses pembelajaran Pendidikan agama islam berlangsung. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Team Game Tournament (TGT) efektif dalam meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 2 Gondanglegi. Peningkatan skor rata-rata hasil belajar dan observasi terhadap keterlibatan siswa menunjukkan bahwa TGT mampu menciptakan lingkungan belajar yang lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan demikian, model TGT bisa menjadi alternatif metode pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi siswa dalam berbagai konteks Pendidikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Team Game Tournament, efektifitas pembelajaran, dan hasil belajar siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:55 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 06:55 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1701 |