Agustin, Agustin (2024) METODE PEMBIASAAN SHOLAT DHUHA BERJAMAAH DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM UNTUK MEMBENTUK KARAKTER RELIGIUS SISWA DI TAMAN KANAK-KANAK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 8 KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081070-AGUSTIN-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081070-AGUSTIN-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081070-AGUSTIN-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081070-AGUSTIN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081070-AGUSTIN-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081070-AGUSTIN-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh upaya pembentukan karakter religius siswa melalui metode pembiasaan sholat dhuha berjamaah di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 8 Kepanjen. Banyak faktor yang peneliti temui seperti pada saat
ini banyak peserta didik yang berperilaku kurang sopan terhadap guru. Maka untuk meminimalisir masalah tersebut peneliti menggunakan metode pembiasaan sholat dhuha berjamaah agar meningkatkan karakter religius siswa TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 8 Kepanjen yang baik dan berakhlak mulia. Adapun rumusan masalah ini yaitu 1) Bagaimana metode pembiasaan sholat dhuha berjamaah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter religius siswa di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 8 Kepanjen?,
2) Apa saja strategi yang dilakukan guru untuk menjalankan metode pembiasaan sholat dhuha berjamaah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter religius siswa di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 8 Kepanjen?,
3) Bagaiamana dampak siswa TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 8 Kepanjen terhadap proses pembiasaan sholat dhuha berjamaah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk membentuk karakter religius siswa? Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Deskriptif Kualitatif
Analitik, dikarenakan dalam penelitian ini mendeskipsikan atau memberikan gambaran suatu objek melalui data atau sampel. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan instrumen penelitian yang diperlukan meliputi: observasi,
wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian yang menunjukkan bahwa 1) Metode yang digunakan yaitu metode pembiasaan sholat dzikir pagi, asmaul husna dan metode
memberikan pemahaman tentang pentingnya pelaksanaan sholat 2) Strategi yang dilakukan guru dalam menjalankan metode pembiasaan sholat dhuha yaitu mengajak, memahamkan, mengajarkan, memberi contoh, memberi evaluasi dan
mengevaluasi atau memberikan arahan kepada peserta didik c) Dampak siswa terhadap proses pembiasaan sholat dhuha menjadikan pribadi yang mempunyai rasa syukur dan memberikan ungkapan positif seperti displin dalam sholat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan, Pendidikan Agama Islam, Karakter Religius |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:56 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 06:56 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1703 |