DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA DI MTS MIFTAHUL ULUM KANIGORO

Bukhori, Ahmad (2024) DAMPAK PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL SISWA DI MTS MIFTAHUL ULUM KANIGORO. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081150-AHMAD BUKHORI-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081150-AHMAD BUKHORI-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081150-AHMAD BUKHORI-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081150-AHMAD BUKHORI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081150-AHMAD BUKHORI-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081150-AHMAD BUKHORI-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Gadget selalu diartikan lebih tidak biasa atau di desain secara pintar dibandingjan dengan teknologi normal pada penemuannya. Gadget merupakan salah satu teknologi yang
sangat berperan pada era globalisasi ini. Gadget menurut kamus besar bahasa Indonesia berarti perangkat elektronik kecil yang memiliki fungsi khusus. Definisi Gadget sebagi
benda dengan karakteristik unik, memiliki unit dengan kinerja tinggi dan berhubungan dengan ukuran serta biaya.
Perkembangan sosial merupakan kondisi kemampuan seseorang dalam berperilaku yang sesuai dengan tuntutan sosial. Perkembangan sosial pada anak yang dimaksudkan
sebagai perkembangan tingkah laku anak dalam menyesuaikan diri dengan aturan-aturan yang berlaku di dalam masyarakat tempat tinggal. Perkembangan berlangsung dengan perlahan-lahan melalui masa demi masa. Kadang-kadang seseorang mengalami masa krisis pada masa kanak-kanak dan masa pubertas. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui aplikasi apa saja yang digunakan oleh siswa dalam penggunaan gadget di MTs Miftahul Ulum Kanigoro, untuk
mengetahui bentuk dampak positif penggunaan gadget pada siswa di MTs Miftahul Ulum Kanigoro, serta untuk mengetahui bentuk dampak negatif penggunaan gadget terhadap
perkembangan sosial pada siswa di MTs Miftahul Ulum Kanigoro. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan Deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam penelitian ini dengan langkah kondensasi data
dan penarikan kesimpulan. Dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi teknik dan triangulasi sumber yang merupakan teknik penggabungan data dari sumber wawancara, observasi dan dokumentasi, untuk mendapatkan gambaran yang lebih lengkap dan akurat tentang suatu topik atau fenomena. Dari hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan mengenai dampak penggunaan
gadget terhadap perkembangan sosial di MTs Miftahul Ulum Kanigiro bahwa penggunaan gadget yang dilakukan oleh anak-anak mempunyai dampak positif dan negatif tergantung
dari intensitas serta pengawasan orang tua. Tingginya intensitas dan durasi penggunaan gadget serta aplikasi-aplikasi yang sering digunakan sebaiknya dibatasi dalam
pemakaiannya karena tidak sesuai atau belum layak pada usianya.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Dampak Penggunaan Gadget, Gadget ,Perkembangan Sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 06:56
Last Modified: 24 Sep 2025 06:56
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1704

Actions (login required)

View Item
View Item