Izzah, Aula Nazilatul (2024) PENERAPAN ICE BREAKING DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VB DI SD NEGERI 1 DAMPIT KABUPATEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081014-AULA NAZILATUL IZZAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081014-AULA NAZILATUL IZZAH-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081014-AULA NAZILATUL IZZAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081014-AULA NAZILATUL IZZAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081014-AULA NAZILATUL IZZAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081014-AULA NAZILATUL IZZAH-BAB 5.pdf
Download (846kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh keadaan peserta didik yang kurang minat dan menyepelekan terhadap pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, padahal pelajaran
ini sangat penting karena selain materi secara teoritis tetapi terdapat pembentukan karakter dan moral peserta didik. Hal tersebut dilatarbelakangi beberapa faktor yaitu, latar belakang keluarga peserta didik yang berbeda-beda tentang pemahaman Pendidikan Agama Islam, kurang tepatnya
pendidik dalam menggunakan metode atau strategi pembelajaran, gaya mengajar pendidik yang monoton sehingga membuat suasana kelas yang membosankan, keadaan dan kondisi peserta didik saat mengikuti pembelajaran juga berpengaruh terhadap proses pembelajaran. Maka untuk mengatasi masalah tersebut peneliti mengamati tentang penerapan Ice Breaking atau penyegaran dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Bagaimana pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VB di SD Negeri 1 Dampit Kabupaten Malang? Sedangkan tujuannya untuk mengetahui pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VB di SD Negeri 1 Dampit Kabupaten Malang, 2) Bagaimana penerapan ice breaking dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VB di SD Negeri 1 Dampit Kabupaten Malang? Tujuannya untuk mengetahui penerapan ice breaking dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VB di SD Negeri 1 Dampit
Kabupaten Malang 3) Bagaimana hasil dari penerapan ice breaking dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VB di SD Negeri 1 Dampit Kabupaten Malang? Tujuannya untuk mengetahui hasil dari penerapan ice breaking dalam pembelajaran mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VB di SD Negeri 1 Dampit Kabupaten Malang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif yang artinya yang dikumpulkan bukan berupa angka-angka melainkan
data tersebut berasal dari naskah wawancara, catatan lapangan, dokumentasi pribadi, dan dokumen
resmi lainnya. Hasil penelitian menunjukkan penerapan Ice Breaking bahwa Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VB SD Negeri 1 Dampit perlu peningkatan karena faktor latar belakang keluarga yang berbeda dalam pemahaman agama dan metode pengajaran guru yang berpengaruh. Guru telah melakukan upaya dengan memberikan arahan dan Ice Breaking. Arahan yang diberikan seperti membaca juz amma, asmaul husna, sholat duhur, dan dongeng. Proses Ice Breaking telah
berjalan efektif dengan pemilihan tepuk tangan, nyanyian, dan dongeng, yang membuat pembelajaran lebih menyenangkan. Hasilnya, peserta didik lebih semangat, berkonsentrasi, percaya diri, berinteraksi dengan kelompok, tidak malas mengerjakan tugas, dan berani mempresentasikan hasil diskusi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ice Breaking, dan Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:58 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 06:58 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1709 |