Anggraini, Dewi (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTS MIFTAHUL HUDA MOJOSARI KEPANJEN. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081114-DEWI ANGGRAINI-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081114-DEWI ANGGRAINI-BAB 1.pdf
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081114-DEWI ANGGRAINI-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081114-DEWI ANGGRAINI-BAB 2-4.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081114-DEWI ANGGRAINI-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081114-DEWI ANGGRAINI-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bermaksud untuk mengetahuhi lebih lanjut terkait implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Mojosari Kepanjen. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pelaksanaan
pembelajaran Akidah Akhlak berbasis kurikulum Merdeka di MTs Miftahul Huda Mojosari, serta kendala dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka. Penelitiann ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain
penelitian deskriptip kualitatif. Peneliti menggunakan metode ini karena peneliti ingin menelusuri lebih dalam terkait implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran
Akidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Mojosari Kepanjen. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dari berbagai narasumber yaitu kepela sekolah, wakil kepala bidang kurikulum dan guru mata
pelajaran Akidah Akhlak MTs Miftahul Huda Mojosari Kepanjen. Dokumentasi berupa dokumen dokumen seperti, profil sekolah, visi misi dan tujuan sekolah, dan lain sebagainya.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Miftahul Huda Kepanjen Mojosari ini sudah terlaksana cukup baik, meskipun masih memerlukan banyak penyempurnaan karena
pihak yang terkait masih dalam proses penyesuaian. Hal yang melatarbelakangi diterapkannya kurikulum merdeka di MTs Miftahul Huda salah satunya yaitu karena regulasi dari pemerintah.Proses implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Miftahul Huda sudah berjalan cukup baik, namun masih banyak beberapa hal yang harus diperhatikan. Hal tersebut dapat tergambarkan dari tahab perencanaan, tahap pelaksanaan, dan tahap evaluasi. Kendala dari pengimplementasian kurikulum merdeka pada mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu pemahaman guru terkait
kurikulum merdeka masih kurang, kesulitan guru dalam mengotrol aktivitas belajar peserta didik serta perilaku peserta didik yang berbeda-beda.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum Merdeka, Akidah Akhlak |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 06:59 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 06:59 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1712 |