IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs NU WAHID HASYIM PATUKSARI

Rodiyah, Dewi (2024) IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN FIQIH DI MTs NU WAHID HASYIM PATUKSARI. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081008-DEWI RODIYAH-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081008-DEWI RODIYAH-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081008-DEWI RODIYAH-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081008-DEWI RODIYAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081008-DEWI RODIYAH-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081008-DEWI RODIYAH-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas lebih dalam mengenai implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran fiqih di MTs NU Wahid Hasyim. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk kebijakan sekolah dalam menyambut kurikulum merdeka, mendeskripsikan proses pelaksanaan pembelajaran Fiqih berbasis kurikulum Merdeka di MTs NU Wahid Hasyim Patuksari, serta untuk mengetahui apa saja kendala dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan metode ini dikarenakan peneliti ingin menelusuri lebih dalam terkait implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran fiqih di MTs NU Wahid Hasyim. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode observasi, wawancara dari berbagai narasumber yaitu kepala
sekolah, wakil kepala bidang kurikulum, guru mata pelajaran fiqih, dan peserta didik MTs NU Wahid Hasyim. Dokumentasi yang dikumpulkan berupa berbagai dokumen-dokumen seperti, profil sekolah, visi misi dan tujuan sekolah, dan lain sebagainya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran fiqih di MTs NU Wahid Hasyim ini sudah terlaksana cukup baik,
meskipun masih memerlukan banyak penyempurnaan karena pihak yang terkait masih dalam proses penyesuaian. Hal tersebut dapat tergambarkan dari tahap perencanaan, tahappelaksanaan,
dan tahap evaluasi. Kendala dari pengimplementasian kurikulum merdeka pada mata pelajaran fiqih yaitu pemahaman
guru terkait konsep kurikulum merdeka masih kurang, kesulitan guru dalam mengontrol aktivitas belajar peserta didik serta kemampuan setiap peserta didik yang
berbeda-beda. Meskipun demikian, upaya perbaikan terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran fiqih agar sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum merdeka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam
pengembangan kurikulum dan praktik pembelajaran yang lebih efektif di masa depan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kurikulum Merdeka, Pembelajaran Fiqih
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:00
Last Modified: 24 Sep 2025 07:00
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1713

Actions (login required)

View Item
View Item