SINERGITAS GURU DAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MI AL-AZIZ DAMPIT

Zahro, Faizzatuz (2024) SINERGITAS GURU DAN ORANGTUA DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN SISWA DI MI AL-AZIZ DAMPIT. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081088-FAIZZATUZ ZAHRO-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081088-FAIZZATUZ ZAHRO-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081088-FAIZZATUZ ZAHRO-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081088-FAIZZATUZ ZAHRO-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081088-FAIZZATUZ ZAHRO-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081088-FAIZZATUZ ZAHRO-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan adalah hal yang paling penting dalam pembangunan watak, kepribadian manusia menjadi luhur, terampil dan bermartabat. Pendidikan merupakan alur tengah pembangunan dari sektor pembangunan. Dalam rangka mensukseskan pendidikan karakter, guru harus mampu menumbuhkan kedisiplinan peserta didik , terutama dari disiplin diri (self-dicipline). Guru harus membantu proses didik. Membangun pola perilakunya, meningkatkan standar perilakunya, melaksanakan aturan sebagai alat menegakkan disiplin. Untuk mendisiplinkan siswa perlu dimulai dengan prinsip-prinsip yang sesuai dengan tujuan pendidikan
nasioanal, yakni sikapdemokratis, seingga perilaku disiplin perlu berpedoman pada hal tersebut, yakni dari, oleh dan untuk peserta didik itu sendiri. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) Bagamana kedisiplinan siswa di MI Al-Aziz Dampit? (2) Bagaimana sinergitas uru dan orangtua dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MI Al-Aziz Dampit? (3) Bagaimana hasil dari sinergitas guru dan orangtua dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MI Al-Aziz
Dampit? Sedangkan tujuan skripsi ini antara lain : (1) untuk mengetahui kedisiplinan siswa di MI Al-Aziz Dampit. (2) untuk mengetahui sinergitas guru dan orangtua dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MI Al-Aziz Dampit. (3) untuk mengetahui hasil dari sinegitas guru dan orangtua dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MI Al-Aziz. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan menggunakan
metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan tehnik analisis deskriptif kualitatif yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sinergitas guru dan orangtua dalam meningkatkan kedisiplinan siswa di MI Al-Aziz Dampit (1) Berdasarkan hasil wawancara dengan walimurid bahwa guru da orangtua sudah saling bersinergi. Terlihat bahwasannya orangtua sudah mendukung penuh setiap aktifitas
atau kegiatan yang dilakukan oleh guru baik secara materi maupun lainnya (2) Peningkatan kerja sama antara guru dan orangtua dalam menanamkan kedisiplinan peserta didik dengan lebih meningkatkan keterlibatan orangtua untuk mendampingi
peserta didik ketika belajar dirumah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Siswa, Sinergitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:02
Last Modified: 24 Sep 2025 07:02
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1719

Actions (login required)

View Item
View Item