IMPLEMENTASI METODE CERITA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA-SISWI SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 23 KOTA MALANG

Rachman, Faradiba (2024) IMPLEMENTASI METODE CERITA DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA-SISWI SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 23 KOTA MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-208620812025-FARA DIBA RACHMAN-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-208620812025-FARA DIBA RACHMAN-BAB 1.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-208620812025-FARA DIBA RACHMAN-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-208620812025-FARA DIBA RACHMAN-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-208620812025-FARA DIBA RACHMAN-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-208620812025-FARA DIBA RACHMAN-BAB 5.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang implementasi metode cerita dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa-siswi di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 23 Kota Malang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa metode pembelajaran akan tetapi metode cerita menjadi salah satu metode yang sering digunakan saat pembelajaran pendidikan agama islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal 23 Kota Malang. Adapun fokus penelitian ini adalah : 1. Bagaimana konsep metode cerita dalam
pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa-siswi sekolah taman kanak-kanak aisyiyah bustanul athfal 23 kota malang? 2. Bagaimana implementasi metode cerita dalam pembelajaran
Pendidikan agama islam pada siswa siswi taman kanak-kanak aisyiyah bustanul athfal 23 kota malang? 3. Apa faktor penghambat implementasi metode cerita dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada siswa siswi taman kanak-kanak aisyiyah bustanul athfal 23 kota malang?. Dalam teknik ini peneliti menggunakan metode kualitatif. Sumber data yang diperoleh ada dua yaitu data primer dan data skunder. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara, dokumentasi. Penulis menganalisis data dengan tiga metode yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Konsep metode pembelajaran pendidikan agama islam yang ada di TK ABA 23 menggunakan berbagai media dengan salah satu nya buku bacaaan bergambar dan menggunakan buku panduan buku AIK, semua konsep materi pembelajaran di TK ABA 23 sudah ada semua di buku tersebut. 2) Implementasi Metode Cerita dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di TK ABA 23 saat bercerita bisa menggunakan media atau tidak menggunakan media menyesuaikan dengan materi yang sudah disiapkan di buku AIK dan menggunakan Kurikulum Merdeka lebih terarah ke kehidupan nyata yang mereka temui atau lingkungan sekitar mereka 3) Penghambat Metode Cerita di TK ABA 23 buku AIK yang masih belum berwarna, didalam kelas mempunyai sifat yang berbeda-beda ada yang aktif dan tidak aktif
dan dalam pandangan islam ada yang berkata bahwa boneka salah satu yang menyerupai ciptaan Allah

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Metode Cerita dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:05
Last Modified: 24 Sep 2025 07:05
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1720

Actions (login required)

View Item
View Item