KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK STUDI KASUS DI MI MIFTAHUL HUDA PRANGAS

Almaida, Fifit (2024) KREATIVITAS GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK STUDI KASUS DI MI MIFTAHUL HUDA PRANGAS. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.

[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081152-FIFIT ALMAIDA-BAB 1.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081152-FIFIT ALMAIDA-BAB 1.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081152-FIFIT ALMAIDA-BAB 2-4.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081152-FIFIT ALMAIDA-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081152-FIFIT ALMAIDA-BAB 5.pdf] Text
SKRIPSI-PAI-20862081152-FIFIT ALMAIDA-BAB 5.pdf

Download (910kB)

Abstract

Kreativitas adalah sebuah karya yang harmonis dalam pembelajaran yang berdasarkan tiga aspek yaitu cipta, rasa dan karsa yang akan menghasilkan sesuatu yang baru agar dapat membangkitkan dan menanamkan kepercayaan diri siswa,
supaya dapat menumbuhkan minat belajarnya. Guru harus mengerti bahwa semua metode ada kelebihan dan kelemahannya. Jika hanya memakai satu metode dalam mengajar, maka cenderung akan menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang
membosankan bagi anak didik. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam hal ini adalah (1) Bagaimana
minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Miftahul Huda Prangas.(2) Bagaimana kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Miftahul Huda Prangas (3) Apa faktor pendukung dan penghambat dalam
menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Miftahul Huda Prangas. Skripsi ini disusun berdasarkan data lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun tujuan penelitian adalah (1) Untuk
mengetahui minat belajar Siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MI Miftahul Huda Prangas. (2) Untuk mengetahui kreativitas guru Pendidikan Agama Islam dalam menumbuhkan minat belajar Aqidah Akhlak di MI Miftahul Huda Prangas.
(3) Untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran aqidah akhlak di MI Miftahul Huda Prangas
Data yang dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, peneliti menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu berupa uraian dan gambaran data-data yang
terkumpul secara menyeluruh tentang keadaan yang sebenarnya.
Hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa upaya guru akidah akhlak dalam meningkatkan minat belajar siswa di MI Miftahul Huda Prangas (1) Terdapat empat jenis kemampuan yang mempengaruhi tingkah laku yang pertama yaitu kemampuan
serap, kemampuan simpan seperti menghafal kemudian kemampuan nalar yang terakhir yaitu kemampuan menganalisis dan menimbang, (2) Kreativitas guru pendidikan agama islam dalam menumbuhkan minat belajar siswa selalu mengadakan evaluasi pembelajaran dan memastikan pendidik terus meningkatkan
kinerja guru dan menciptakan pengalaman belajar yang bermakna. (3) Faktor pendukung dalam menumbuhkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah
akhlak seperti kebijakan sekolah yang mendukung inovasi, ketersediaan sumber daya yang memadai, Sedangakan faktor penghambatnya kurangnya media elektronik. Selain itu, kepala madrasah mendorong inovasi dalam pembelajaran yang tidak
hanya bergantung pada teknologi, tetapi juga memanfaatkan sumber daya lain yang tersedia.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak, Minat Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Administrator Library
Date Deposited: 24 Sep 2025 07:06
Last Modified: 24 Sep 2025 07:06
URI: http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1721

Actions (login required)

View Item
View Item