Zunafaro, Istiqomah Ainun (2024) PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN KEAGAMAAN DI SD NU HASANUDDIN DILEM 02 KEPANJEN MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081021-ISTIQOMAH AINUN ZUNAFARO-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081021-ISTIQOMAH AINUN ZUNAFARO-BAB 1.pdf
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081021-ISTIQOMAH AINUN ZUNAFARO-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081021-ISTIQOMAH AINUN ZUNAFARO-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081021-ISTIQOMAH AINUN ZUNAFARO-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081021-ISTIQOMAH AINUN ZUNAFARO-BAB 5.pdf
Download (988kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya moral di kalangan generasi muda saat ini, selain itu, melemahnya budaya lokal berdampak pada penurunan nilai-nilai luhur bangsa Indonesia, dan jika situasi ini terus dibiarkan, moral generasi muda akan semakin menurun. Dari permasalahan tersebut, pemerintah menerepkan untuk membentuk karakter anak sedini mungkin, agar mempermudah pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan oleh para pendidik pada kegiatan pembelajaran atau kegiatan keagamaan di sekolah. Permasalahan yang menjadi fokus penelitian ini yaitu (1) Apa saja Kegiatan Keagamaan yang ada di SD NU Hasanuddin Dilem 02 Kepanjen, (2) Bagaimana Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Kegiatan Keagamaan di SD NU Hasanuddin Dilem 02 Kepanjen, (3) Apa saja faktor-faktor yang memengaruhi Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Kegiatan Keagamaan di SD NU Hasanuddin Dilem 02 Kepanjen. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui Kegiatan Keagamaan yang ada di
SD NU Hasanuddin Dilem 02 Kepanjen, (2) Untuk mengetahui Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Kegiatan Keagamaan di SD NU Hasanuddin Dilem 02 Kepanjen, (3) Untuk
mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi Pembentukan Karakter Peserta Didik melalui Kegiatan Keagamaan di SD NU Hasanuddin Dilem 02 Kepanjen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif
naratif. Untuk pengumpulan data dalam skripsi ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan data-data yang telah terkumpul perlu dibuat catatan lapangannya sebagai data mentah untuk kemudian diolah dan diberikan catatan reflektif yang disajikan pada bagian analisis data.
Hasil penelitian yang diperoleh bahwa (1) Kegiatan keagamaan yang ada di SD NU Hasanuddin Dilem 02 yaitu kegiatan shalat dhuha berjamaah dan pembiasaannya, kegiatan Baca Tulis Al-Qur’an, kegiatan shalat dhuhur berjamaah dan pembiasaannya, kegiatan senyum, sapa, dan salam, kegiatan amanl jaritah du hari jumat serta PHBI (Peringatan Hari Besar Islam)(2) Pembentukan Karakter peserta didik melalui kegiatan keagamaan di SD NU Hasanuddin Dilem 02 yaitu pembentukan karakter ini menggunakan metode pembiasaan, dimana peserta didik secara rutin melakukan kegiatan tersebut, sehingga akan menjadi terbiasa dan peserta didik mampu untuk menerapaknnya pada kehidupan sehari-hari. (3) Faktor-faktor
yang memengaruhi pembentukan karakter peserta didik melalui kegiatan keagaamaan di SD NU Hasanuddin Dilem 02 yaitu Faktor Pendukung meliputi dukungan dari orangtua, dukungan
dari lingkungan keluarga, sarana dan prasarana yang memadai, dan adanya peraturan sekolah. Sedangkan faktor Penghambat seperti kendala dari orangtua, lingkungan keluarga, kurangnya kesdaran dari peserta didik, dan pengaruh buruk dari lingkungan pergaulan anak
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembentukan Karakter, Peserta Didik, Kegiatan Keagamaan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:16 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:16 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1729 |