Mufidah, Lulu (2024) IMPLEMENTASI METODE TARTILLA UNTUK MENINGKATKAN PESERTA DIDIK DALAM MEMBACA AL-QUR’AN DI MTS AL-KHOIRIYAH DESA PUTUKREJO GONDANGLEGI MALANG. Other thesis, Universitas Islam Raden Rahmat.
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081046-LULU MUFIDAH-BAB 1.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081046-LULU MUFIDAH-BAB 1.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081046-LULU MUFIDAH-BAB 2-4.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081046-LULU MUFIDAH-BAB 2-4.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
![[thumbnail of SKRIPSI-PAI-20862081046-LULU MUFIDAH-BAB 5.pdf]](http://repository.uniramalang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
SKRIPSI-PAI-20862081046-LULU MUFIDAH-BAB 5.pdf
Download (1MB)
Abstract
Dari segi tajwid (aturan membaca Al-Qur'an) dan makhorijul huruf (tempat keluarnya huruf), metode Tartilla bertujuan untuk menyempurnakan pembacaan Al-Qur'an. Tahsin diwajibkan dalam membaca Al-Qur'an agar umat Islam dapat melakukannya secara akurat dan benar sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.Tahsin juga bisa merujuk pada upaya menyempurnakan atau menyempurnakan seluruh aspek kehidupan agar sejalan dengan prinsip agama Islam, di luar konteks
membaca Al-Qur'an. Tiga permasalahan pokok yang diangkat dalam penelitian ini adalah: 1) bagaimana penggunaan teknik tartilla di MTS Al-Khoiriyah untuk membantu siswa
lebih lancar membaca Al-Quran; 2) apa yang diajarkan selama metode tartilla; dan 3) apa manfaat pembelajaran metode tartilla bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji bagaimana metode tartilla yang digunakan di MTS Al-Khoiriyah Gondanglegi untuk meningkatkan
pemahaman bacaan siswa terhadap Al-Qur’an, serta untuk mengetahui apa saja yang diajarkan dan manfaat mempelajari metode tartilla. untuk siswa. Jenis penelitian ini bersifat etnografi dan deskriptif kualitatif. Sumber data primer dan sekunder digunakan. Melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara, data dikumpulkan. Berikut pengumpulan dan analisis data melalui reduksi data, yaitu data mentah yang diperoleh melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara
diolah. Penerapan metode tartilla di sekolah merupakan langkah yang sangat positif dalam upaya menjaga dan memperkuat kelangsungan dan kualitas pendidikan
agama Islam, terbukti dari temuan penelitian. Metode ini membantu siswa mengembangkan kepribadian, akhlak, dan kemampuan membaca Al-Qur'an dengan lebih akurat.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Metode Tartilla, Membaca Al-Qur’an |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion |
Divisions: | Fakultas Ilmu Keislaman > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Administrator Library |
Date Deposited: | 24 Sep 2025 07:20 |
Last Modified: | 24 Sep 2025 07:20 |
URI: | http://repository.uniramalang.ac.id/id/eprint/1739 |